Trenz Indonesia
News & Entertainment

Kemenangan Tim Red Bull Honda Dalam Sejarah Serie 70 Tahun F1 Grand Prix

“Kemenangan ini memiliki makna yang besar bagi tim Honda, berkaitan dengan hari peringatan kematian pendiri Honda, ‘Soichiro Honda’, yang meninggal pada 5 Agustus 1991, menjadikan kemenangan ini lebih emosional.”

203

Silverstone, Inggris, Trenz Otomotiif I Honda, kali ini patut berbangga, setelah berhasil menyabet posisi teratas lewat kepiawaian Max Verstappen dalam ajang bergengsi menyambut peringatan balap seri “70 tahun F1 Grand Prix” di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Dalam siaran pers yang diterbitkan oleh Honda Prospect Motor (HPM) Senin (10/8), kepada Trenzindonesia.com menyatakan, Max Verstappen dari tim Aston Martin Red Bull Racing berhasil meraih kemenangan lewat strategi balap yang sempurna.

Max Verstappen memulai balapan dari posisi keempat dengan ban keras. Selepas start, Max dapat langsung melaju ke posisi ketiga dan kemudian berupaya menekan dua mobil Mercedes yang berada di depannya.

Pada pit stop pertamanya, Max berkesempatan untuk mengganti ban di akhir lap ke 26, dan muncul ke trek balap tepat berada di belakang pemimpin Valtteri Bottas dan kemudian berhasil mengambil posisi terdepan di tikungan Luffield.

Max meningkatkan kecepatannya tepat saat Lewis Hamilton masuk pit stop terakhirnya sehingga Max dapat mengambil alih posisi terdepan hingga akhir balapan.

Max berhasil finis pertama sementara rekan satu timnya, Alex Albon, yang juga berhasil menyelesaikan balapan diposisi kelima, naik empat tingkat dari posisi start.

Sementara Alex Albon, rekan se-tim Max Verstappen di Aston Martin Red Bull Racing, sempat menggunakan ban medium pada awal pertandingan dan beralih menggunakan ban keras pada lap ke-6, melakukan gerakan menyalip dengan sangat baik sebelum mengganti set ban keras lainnya pada lap 30 dan berhasil melewati Lance Stroll untuk posisi kelima dengan hanya dua lap tersisa.

Tiga dari empat mobil bertenaga Honda juga berhasil mendapatkan point dimana pembalap Scuderia Alpha TauriDaniil Kyvat pada lap 35 berhasil naik ke urutan kesepuluh untuk mengamankan posisi kesepuluh. Sedangkan Pierre Gasly yang memulai pertandingan dari posisi 7 tidak mendapatkan poin dan harus puas finis di posisi ke-11, tepat di belakang rekan setimnya.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 menyatakan kekagumannya atas kerja keras tim Honda dengan menerapkan strategi yang jitu untuk meraih kemenangan dalam ajang balap yang memiliki nilai historis dan sangat emosional ini.

“Sungguh luar biasa, kami dapat meraih kemenangan pertama musim ini dalam ajang balap peringatan 70 tahun F1 yang istimewa ini, di lintasan kandang Aston Martin Red Bull Racing, yang juga sangat dekat dengan markas kami di Milton Keynes,” pungkas Toyoharu.

Hal ini juga memiliki makna besar bagi tim Honda, karena beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 Agustus adalah merupakan hari peringatan kematian pendiri kami, ‘Soichiro Honda’, yang meninggal pada tahun 1991, menjadikan kemenangan ini lebih emosional.

Toyoharu melanjutkan, “Kami tahu sejak Jum’at bahwa balapan ini akan berat, karena trek terasa lebih lembut dari minggu sebelumnya ditrek yang sama. Tetapi berkat strategi yang luar biasa dan kemampuan Max, kami dapat meraih kemenangan ini,”

Alex yang memulai dari posisi ke-9 tetapi dapat melaju dengan baik, sementara Daniil datang dari belakang menuju urutan ke-10 sehingga tim Honda mendapatkan poin tambahan.

“Pierre telah menunjukkan kecepatan yang bagus disepanjang akhir pekan, namun strateginya tidak berhasil untuknya, tetapi saya yakin dia akan segera mendapatkan hasil yang layak nantinya. Sekarang, seperti biasa, kami akan terus bekerja keras untuk mencoba dan mendapatkan lebih banyak kemenangan,” tukas Toyoharu.

Hingga kini Tim Aston Martin Red Bull Racing tetap berada pada posisi kedua tingkat klasemen Konstruktor dengan perolehan 113 poin dan tim Scuderia Alpha Tauri yang berada di posisi ke-7 dengan perolehan 114 poin.

[Sumber: Honda Prospect Motor. Foto-Foto: Dok. HPM]

Leave A Reply

Your email address will not be published.