Trenz Indonesia
News & Entertainment

Lestarikan Kearifan Budaya Lokal, Cheery Trees Siap Luncurkan “Sikam Lampung”

236

Jakarta, Trenz Music l Penggunaan Bahasa Daerah khususnya Bahasa Lampung diprediksikan akan segera punah dalam beberapa waktu yang akan datang seiring dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki era globalisasi dan teknologi jika tidak segera dilakukan pelestarian.

Menurut beberapa ahli budaya mengatakan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah keberagaman etnis di Kota Bandar Lampung itu sendiri.

Cherry Trees, duo musik asal Lampung, menunjukkan keprihatinannya terhadap kondisi ini merasa tergerak untuk dapat kembali melestarikan Budaya Lampung lewat karya-karyanya yang dikemas dalam album terbaru mereka yang akan segera mereka rilis.

Dalam album ini, Cheery Trees membubuhkan genre musik modern etnik dengan menggunakan bahasa Lampung sebagai bahasa pengantar dalam sebuah lagu yang dibawakan dalam album yang diberi nama “Sikam Lampung” ini.

Pandu, Gitaris, mengatakan alasannya dalam membuat album berbahasa Lampung ini didasari oleh kecintaannya kepada kota kelahiran yang menjadi kampung halamannya ini dan ingin mempersembahkan album ini untuk kota yang menjadi kampung halaman tercintanya provinsi Lampung.

“Yang istimewanya di album ini, Cheery Trees menambahkan elemen musik tradisional yang diwakilkan oleh cetik-gamolan (Alat musik bambu khas Lampung) tabuhan rebana, serta menggunakan lirik bahasa daerah yaitu bahasa lampung di salah satu lagunya,” tandas Pandu.

Sebagai Putra daerah, Pandu mengakui, membuat lagu lampung memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Disamping karena kebiasaan lagu lampung yang bertema sedih / galau dan minor, juga tak banyak pilihan kata – kata puitis yang bisa dipakai untuk membuat liriknya.

“Sikam Lampung” sendiri diambil dari bahasa Lampung, yang memiliki arti “Kami Lampung”. Sebenernya sih materi ini sudah dibuat dari tahun lalu dan dirilis maret 2020 lalu, tapi karena pandemi akhirnya kita tunda semua deh,” ujar Puput, Vokalis bersemangat sambil memberikan email cheerytreesbandlampung@gmail.com, serta nomr kontak kontak +628118161967 (Adith).

“Album ini rencananya akan rilis pada bulan Juli 2020,” tambah Pandu.

Selanjutnya kepada Trenzindonesia.com Pandu mengatakan, untuk mengetahui lebih dalam lagi perjalanan Cheery Trees, bisa mengakses via instagram: @cheerytreesofficial, @putriprayogaa, @panduprayogaa. dan untuk medsos lainnya, seperti Twitter: @cheerytrees, Facebook: Cheery Trees, dan YouTube: Cheery Trees.

Leave A Reply

Your email address will not be published.