Trenz Indonesia
News & Entertainment

Menkop UKM Teten Masduki Terima Perwakilan AAI

Asosiasi Aren Indonesia

289

JAKARTA, Trenzindonesia | Asosiasi Aren Indonesia (AAI) yang diwakili oleh Djoko Widardjo (Ketua), M. Ghufron (Sekretaris), Johan Bukit, Dicky Darwis, Edy Ody Koesriadi (Ketua Sumut) dan beberapa rekan pemerhati Aren seperti Osmar Tanjung, Bambang Bukit, Dian Kurniawan (BJB) diterima oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Menkop UKM RI) Teten Masduki di lantai 8 kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (8/3/23).

Menkop UKM Teten Masduki sangat mendukung AAI untuk mempercepat kemajuan perkembangan pengusahaan aren, dimana di berbagai kesempatan beliau baik di dalam dan luar negeri, banyak sekali permintaan Aren dalam bentuk Gula Semut maupun Gula Cair.

“Aren sangat bisa dijadikan produk unggulan bangsa kita dimana hampir tiap pelosok negara kita ada pohon aren”, ujar Menkop UKM Teten Masduki.

AAI harus mengambil inisiatif untuk memperkuat kelembagaan para petani aren dalam bentuk koperasi. Potensi Aren bisa untuk Kesejahteraan Petani, Penciptaan Lapangan Kerja, Swasembada Gula (Gula Sehat), Kontribusi Devisa, Ketahanan Pangan, Makanan Sehat, Konservasi Hutan dan Ekonomi Hijau.” Papar Teten lebih lanjut.

 

Dari pertemuan tersebut, terdapat beberapa poin yang perlu dilaksanakan, yakni sbb:

⁃ Pola usaha tani aren dilakukan dengan pendekatan tumpangsari/agroforestry, untuk itu perlu dibantu pembuatan model bisnisnya.

⁃ Untuk tujuan konservasi/reklamasi lahan eks tambang, bisa dimanfaatkan CSR perusahaan pertambangan, karena banyak sekali bekas lahan tambang yang terbengkalai, melalui aren, lahan tersebut bisa mendatangkan ekonomi bagi warga setempat.

⁃ Perlu dukungan pelatihan-pelatihan teknis bidang pembibitan, pemeliharaan tanaman dan panen serta pasca panen.

⁃ Pentingnya advokasi agar pengembangan aren masuk dalam kebijakan pemerintah (dengan tersusunnya roadmap atau masterplan yang bisa diterima oleh pemerintah maupun para pemangku kepentingan aren).

Pohon Aren dikenal dengan pohon uang, dari mulai Ijuk nya, Air Nira, Daun, Akar, Batang, Bunga dan Buah semua menghasilkan uang.

AAI berharap banyak tokoh atau pejabat seperti pak Teten Masduki membantu dan mendukung kegiatan Aren agar pelaku/petani Aren bisa lebih maju dan sukses. (dq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.