News

Menteri Basuki Gelar Leadership Lecture Bersama Ignasius Jonan

Menteri Basuki Gelar Leadership Lecture Bersama Ignasius Jonan

JAKARTA, Trenzindonesia | Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dengan penuh antusias menyambut Menteri Kabinet Kerja 2014-2019, Ignasius Jonan, yang menjadi narasumber dalam kegiatan “Leadership Lecture Entrepreneurship dalam Penyelenggaraan Infrastruktur Publik.”

Menteri Basuki Gelar Leadership Lecture Bersama Ignasius JonanDalam sambutannya, Menteri Basuki menegaskan bahwa setiap pekerjaan dalam penyelenggaraan infrastruktur di Kementerian PUPR bukanlah pekerjaan individu, tetapi merupakan upaya kolaboratif. Ia menekankan pentingnya memberikan nilai (value) bagi seluruh insan di Kementerian PUPR.

“Kami menganggap bahwa tidak ada satu pun pekerjaan di Kementerian PUPR yang dikerjakan oleh satu orang atau satu unit organisasi saja. Setiap pekerjaan yang dilakukan harus mampu memberikan input bagi unit organisasi yang lain. Oleh karena itu, mari kita budayakan silaturahmi antar rekan kerja agar dapat saling berbagi dan menciptakan nilai (value) bagi yang lain,” tegas Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga berharap agar insan PUPR dapat mengadopsi pesan Napoleon Bonaparte terkait karakter pemimpin yang mampu mempengaruhi karakter anggota timnya. Ia berharap agar Kementerian PUPR menjadi kelompok yang dipimpin oleh pemimpin yang tangguh, sehingga setiap individu di dalamnya memiliki karakter yang kuat dan mampu memberikan performa yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

Menteri Basuki Gelar Leadership Lecture Bersama Ignasius JonanDalam kesempatan yang sama, Ignasius Jonan juga menyampaikan pandangannya terkait penyelenggaraan infrastruktur publik. Ia menekankan bahwa prinsip dasarnya adalah membangun nilai tambah (value creation) bagi layanan publik. Sebagai lembaga penyelenggara, Kementerian PUPR harus berfokus pada masyarakat dan mampu memberikan manfaat yang nyata.

Mindsetkita harus terfokus pada pelanggan, yaitu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, bukan hanya apa yang bisa kita bangun. Karena apa pun yang kita konstruksi tidak akan memiliki arti jika tidak digunakan oleh masyarakat,” ujar Ignasius Jonan.

Selain itu, dalam penyelenggaraan infrastruktur publik, Ignasius Jonan juga menyoroti dampaknya ke depan, terutama yang terkait dengan lingkungan (environment), aspek sosial (social), dan tata kelola pemerintahan (government). Proses bisnis harus tetap mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan, khususnya resiko yang timbul akibat perubahan iklim. Selain itu, aspek kesejahteraan masyarakat dan tata kelola pemerintahan juga harus menjadi pertimbangan utama.

“Dalam kapasitas sebagai abdi negara, kita harus memberikan prioritas kepada masyarakat, karena merekalah yang menjadi penggaji kita,” tegas Ignasius Jonan.

Menteri Basuki Gelar Leadership Lecture Bersama Ignasius JonanTerakhir, Menteri Basuki mengapresiasi Ignasius Jonan atas berbagi pengalaman selama memimpin beberapa lembaga negara dan badan usaha kepada para insan di Kementerian PUPR. Ia berterima kasih atas pencerahan terkait kepemimpinan dan kewirausahaan, berharap hal ini dapat mempengaruhi semua pihak dalam pengambilan keputusan. Yang terpenting, adalah memahami apa yang dibutuhkan dan apa yang dapat diberikan kepada masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan terjalin kolaborasi yang lebih kuat di antara insan PUPR serta pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya kolaborasi, kepemimpinan yang kuat, dan penciptaan nilai (value creation) dalam penyelenggaraan infrastruktur publik. (Ian Rasya / Fjr)

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya