Trenz Indonesia
News & Entertainment

Nikmatnya Lontong Medan Di Lontong Malam Bu Mar

Kuliner Medan

32

MEDAN, Trenzindonesia | Hari Pers Nasional akan dihelat di Kota Medan, Sumatera Utara dari 7 – 9 Februari 2023 yang akan dihadiri ribuan wartawan dari segala penjuru Indonesia.

Kota Medan memang sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner nasional yang difavoritkan oleh wisatawan nasional.

Seperti daerah lainnya yang memiliki sajian lontong yang khas, di Medan juga terdapat Lontong Medan dengan bumbu yang khas, terutama tauco dan bumbu rendang.

Terkait sejarah awal Lontong Medan tidak diketahui pasti kapan awal mulanya, oleh siapa, dan tahun berapa Lontong Medan mulai dipopulerkan.

Lontong Medan sepintas memang hampir sama dengan lontong sayur lainnya. Namun faktanya Lontong Medan mempunyai ciri khas tersendiri, terutama pada topingnya, seperti:

Tauco

Ikan teri

Sambel terasi

Tempe orek

Mie goreng

Kerupuk udang

Kerupuk kentang

Serundeng

Bumbu rendang

Salah satu tempat untuk menikmati lontong yang enak, adanya di Lontong Malam Bu Mar di Jalan PWS 46, samping Masjid Al Ihsan, Medan.

“Namanya Lontong Malam, tapi kami buka dari pagi hingga malam,” jelas Bu Mar ketika ditemui TB Adhi dan rombongan dari Panitia Pusat HPN baru-baru ini.

Menurut Bu Mar, ketika sebelum pandemi covid-19, pengunjung sangat ramai yang datang ke warungnya, namun saat ini sepi karena dia pernah tutup selama 7 bulan akibat pandemi Covid-19.

Kelezatan lontong buatan Bu Mar diakui oleh salah satu panitia HPN dari Jakarta, Merdi, yang mengatakan bahwa tekstur lontong begitu lembut dan perpaduan rasa bumbu serta lauk bikin lidah terus bergoyang.

Tidak hanya lontong malam, bagi yang tidak menyukai lontong, Bu Mar juga menyediakan menu sajian pilihan lain seperti nasi putih dengan berbagai lauk seperti ikan balado, telor balado, ayam rendang yang tidak kalah enaknya. Cita rasanya tidak kalah maknyus dari sajian lontong malam.

“Selain lontong, sate kerang atau sate jengkol Bu Mar sangat enak lho, tapi harus pesan sehari sebelumnya,” kata Ono, salah satu pengunjung, Senin (23/1).

Oleh karena itu, jangan lewatkan kunjungan wisata kuliner Lontong Malam Bu Mar jika ke Medan sambil menikmati kuliner lainnya.

Lokasi Lontong Medan sebetulnya sangat mudah ditemukan di berbagai tempat di Medan, karena Lontong Medan menjadi salah satu dari sekian banyak kuliner khas yang sering dicari oleh para wisatawan.

Setiap tempat tentu saja memiliki jurus andalan berupa resep Lontong Medan yang menjadi rahasia dapur masing-masing. (PR/PWI Pusat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.