Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pameran EDRR 2023 Segera Digelar Oktober Mendatang di JiExpo Kemayoran

EDRR merupakan pameran Penyelamatan dan Mitigasi Resiko Bencana Darurat berskala Internasional dan pertama di Indonesia.

237

TrenzIndonesia l – Emergency and Disaster Reduction & Rescue Expo (EDRR) Indonesia 2023 akan segera digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada 19 – 21 Oktober 2023.

EDRR merupakan pameran Penyelamatan dan Mitigasi Resiko Bencana Darurat berskala Internasional dan pertama di Indonesia.

Pameran yang berfokus pada sisi edukasi dan sosialisasi dengan memberikan solusi yang komprehensif dalam respons bencana dan mitigasi resiko bencana kepada sektor swasta dan publik di wilayah Asia-Pasifik.

Grup Comexposium, CPIT Shanghai (Council for the Promotion of International Trade, Shanghai) dan Shanghai International Exhibition (Group) Co., Ltd, mendorong pameran ini dan mendapat dukungan aktif dari beberapa lembaga dan korporasi perdagangan di China dalam mendukung perusahaan lokal Tiongkok untuk menjelajahi pasar internasional, meningkatkan kemampuan pencegahan bencana, dan memupuk kerja sama Internasional dalam penyelamatan darurat.

Mereka yang terlibat diantaranya adalah Council for Promotion of International Trade Anhui Sub-council (Kamar Perdagangan Internasional Tiongkok, Kamar Dagang Anhui), Council for Promotion of International Trade Shandong Sub-council (Kamar Perdagangan Internasional Tiongkok, Kamar Dagang Shandong), Council for Promotion of International Trade Guangxi Committee (Komite Perdagangan Internasional Guangxi), dan China Great Wall Industry Corporation.

EDRR dibangun atas keberhasilan luar biasa dari edisi EDRR sebelumnya, yang diselenggarakan di Shanghai dan Chongqing.

EDRR Indonesia bertujuan untuk menarik lebih dari 10.000 profesional industri dan menampilkan lebih dari 200 perusahaan pameran dari Australia, Tiongkok, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Partisipasi internasional yang signifikan menekankan pentingnya Indonesia sebagai titik pertemuan industri utama dan platform yang paling efektif untuk pertukaran dan pengalaman manajemen darurat di kawasan Asia Pasifik.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) dengan luar biasa berperan penting dalam mengelola bencana dan menanggapi keadaan darurat di Indonesia.

BNPB bertugas sebagai badan koordinasi utama dengan fokus pada pengurangan risiko, persiapan, respons, dan pemulihan. Melalui kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, BNPB meningkatkan ketahanan nasional dan mengurangi dampak bencana.

Bersama dengan BASARNAS, badan-badan ini telah memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa, mitigasi dampak bencana, dan mendukung upaya pemulihan komunitas.

EDRR Indonesia akan menampilkan pameran yang mencakup berbagai bidang dalam pencegahan dan mitigasi bencana, peralatan penyelamatan, layanan terkait, peralatan perlindungan, layanan industri keamanan.

Ilmu keamanan, peralatan penyelamatan darurat kebakaran, peralatan penyelamatan menyeluruh, keamanan publik dan peralatan kepolisian, pengendalian banjir dan drainase perkotaan, perlindungan keselamatan industri, bahan pencegahan wabah, layanan industri darurat, serta pengalaman dan popularisasi ilmu keselamatan darurat.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan para pameran dan merasakan sendiri peralatan dan layanan terbaru dalam penanganan darurat dan penyelamatan.

Dengan letak geografis Indonesia yang berada dalam Ring of Fire dan Alpide Belt, ancaman yang dihadapi negara ini hanya dapat dikurangi secara efektif oleh pasukan reaksi yang terlatih dan dilengkapi dengan baik.

Acara ini bertujuan untuk mengatasi kekhawatiran yang semakin meningkat terhadap berbagai ancaman terhadap kehidupan dan infrastruktur nasional, yang diperkirakan akan semakin memburuk dengan munculnya perubahan iklim.

Sorotan utama dari EDRR Indonesia meliputi:

  • Teknologi Terkini: Menjelajahi produk, peralatan, dan solusi teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan respons bencana dan persiapan darurat.
  • Pameran Interaktif: Terlibat dengan tampilan langsung dan simulasi yang mereplikasi skenario darurat kehidupan nyata, menawarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan solusi dalam manajemen bencana
  • Pertukaran Wawasan dengan  Para Ahli: Pelajari dari para ahli industri dan narasumber melalui diskusi panel, seminar, dan presentasi kunci, yang membagikan keahlian mereka dan mengatasi isu-isu mendesak dalam respons bencana.
  • Peluang untuk Membangun Jaringan: Terhubung dengan para profesional dari berbagai sektor, termasuk layanan darurat, lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, dan industri swasta, yang memupuk kolaborasi dan kemitraan.
  • Tren dan Inovasi baru: Dapatkan gambaran tentang masa depan manajemen bencana dan menjelajahi ruang khusus yang memamerkan tren-tren baru, proyek penelitian, dan inovasi yang revolusioner dalam bidang respons bencana.

“Kami sangat antusias menjadi tuan rumah acara berskala besar pertama yang benar-benar internasional dengan fokus pada semua aspek respons bencana dan mitigasi resiko bencana,” kata Andrew Marriott, Managing Director dari Comexposium Singapore.

“Indonesia menghadapi berbagai bencana, termasuk kebakaran, banjir, tanah longsor, gempa bumi, gangguan ketertiban umum, kecelakaan industri, polusi, badai, dan keselamatan transportasi,” tukasnya.

“Tujuan kami adalah untuk mengumpulkan para ahli, profesional, dan pemangku kepentingan untuk membahas dan memamerkan teknologi, peralatan, dan layanan terbaru dalam respons bencana yang efektif dan mitigasi. Keselamatan masyarakat Indonesia harus tetap menjadi prioritas utama,” ungkapnya lagi.

EDRR Indonesia mengundang dengan hangat semua pemangku kepentingan yang berinvestasi dalam respons bencana dan persiapan darurat untuk bergabung dengan kami di Jakarta International Expo dari tanggal 19 hingga 21 Oktober 2023.

Mari bersama-sama, bersatu dalam komitmen kita untuk melindungi masyarakat dan membangun masa depan yang tangguh.

Dalam kesempatan yang sama, Moh. Barokna Haulah, Deputi Bina Tenaga & Potensi Badan Nasional Pencarioan dan Pertolongan BASARNAS mengatakan, “Event ini penting untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana. Melalui event ini, kita akan dapat melihat kemajuan teknologi dalam tanggap darurat dan memberikan kesempatan kepada industri lokal untuk menampilkan produk-produknya di pameran ini.”

Untuk informasi lebih lengkap dipersilahkan untuk mengunjungi website resmi EDRR Indonesia 2023 di halaman www.edrri.com.

***

Leave A Reply

Your email address will not be published.