Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pemerintah Siap Dukung Pengembangan Sepak Bola Indonesia

211

JAKARTA, Trenzindonesia | Sepak bola Indonesia semakin mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah melalui berbagai upaya yang dilakukan, seperti penerapan sport science, pembangunan infrastruktur, dan program-program berkelanjutan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, dalam keterangan resminya di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (05/06/2023).

Erick menjelaskan bahwa penerapan sport science akan menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan sepak bola Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan membangun infrastruktur yang memadai, termasuk training camp yang terletak di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah telah memberikan tanah dan membangun infrastruktur dasar di sana untuk mendukung pengembangan sepak bola.

Dukungan ini tidak lepas dari peran Fédération Internationale de Football Association (FIFA), yang peduli terhadap sepak bola Indonesia. Erick mengungkapkan bahwa FIFA telah mengalokasikan dana sebesar USD7,3 juta untuk proyek tersebut. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas olahraga yang lengkap, termasuk lima lapangan sepak bola, satu lapangan bola pantai, dan satu lapangan futsal. Selain itu, fasilitas tersebut akan dilengkapi dengan sarana sport science dan tempat istirahat yang memadai.

Selanjutnya, Erick juga menekankan pentingnya pembinaan pemain muda dalam sepak bola Indonesia. Program berkelanjutan akan diberikan kepada pemain-pemain muda tim nasional, seperti pemain U-16 dan U-17 yang nantinya akan dipersiapkan untuk berkompetisi di level U-20 dan U-22. Erick menyebut bahwa tim U-20 dan U-22 akan diprioritaskan untuk berpartisipasi dalam Asian Games sebagai bentuk apresiasi dan uji nyali. Selain itu, pemain yang belum memiliki klub akan ditempatkan di klub Bhayangkara sebagai bagian dari program pengembangan tim nasional muda.

Lebih lanjut, Erick menyampaikan bahwa pemerintah juga akan mendukung program jangka panjang dalam pengembangan sepak bola di Indonesia. PSSI akan berupaya mencari sumber pendanaan sendiri, tetapi Erick merasa bersyukur karena Presiden dan Menteri Pemuda dan Olahraga turut berperan dalam membangun program jangka panjang ini.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah dan alokasi dana yang signifikan dari FIFA, harapan besar terhadap perkembangan sepak bola Indonesia semakin menguat. Semoga langkah-langkah ini dapat membawa sepak bola Indonesia meraih prestasi gemilang di tingkat internasional dan menginspirasi generasi muda untuk mencapai impian mereka dalam dunia sepak bola. (Setkab.go.id/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.