Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pengamat Maritim Indonesia Dianugerahi Gelar Doktor HC oleh CMR University India

226

BANGALORE INDIA, Trenzindonesia |Direktur Urusan Luar Negeri CMR University India, Prof. Vinayak Khrishnamurthy, memberikan gelar Doktor Kehormatan kepada Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, seorang Pengamat Maritim Indonesia.

Pengamat Maritim Indonesia Dianugerahi Gelar Doktor HC oleh CMR University IndiaAcara pengukuhan dilaksanakan di CMR University, Bangalore, India pada Senin, 3 Juli 2023. Gelar Doktor HC ini diberikan sebagai penghargaan tertinggi atas kontribusi Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa dalam mengamati dan menyuarakan isu-isu kemaritiman di Indonesia dan Internasional.

Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, menyampaikan rasa terima kasih kepada CMR University atas penghargaan ini. Ia mengakui bahwa penghargaan ini menjadi motivasi baginya untuk berkontribusi lebih banyak dalam bidang maritim Indonesia ke depannya.

Pada acara tersebut, Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, membahas beberapa isu kemaritiman, seperti penyelesaian batas wilayah laut Indonesia dengan negara tetangga, pengelolaan sumber daya perikanan, dan ekspor pasir laut. Ia juga menyoroti pentingnya Indonesia kembali fokus pada potensi maritimnya untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dan mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, juga mengkritisi Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut, yang memperbolehkan ekspor pasir laut ke Singapura. Menurutnya, hal ini berpotensi merugikan Indonesia baik dari segi ketahanan nasional maupun ekosistem laut dan masyarakat pesisir.

Ia menekankan bahwa Indonesia sebagai negara maritim harus menyadari potensi yang dimilikinya. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, namun masih terlalu fokus pada urusan sebagai negara agraris. Dengan menggarap potensi maritim secara optimal, Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar dengan cepat.

Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, mendorong lebih banyak pemikir di bidang maritim dari Indonesia untuk fokus pada pengembangan sektor ini. Ia meyakini bahwa jalur Indonesia menjadi bangsa yang besar adalah dengan menjadi bangsa maritim.

Penghargaan ini menjadi langkah penting dalam mengakui dan mengapresiasi peran Dr. (H.C.) Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, S.SiT., M.Mar, sebagai pengamat maritim Indonesia yang telah berkontribusi secara konsisten dalam mengamati dan mengkritisi isu-isu kemaritiman. (PAM/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.