Trenz Indonesia
News & Entertainment

Polresta Dukung Safari Jurnalistik PWI Kota Bogor

166

BOGOR, Trenzindonesia | Polresta Bogor Kota secara nyata turut mendukung acara Safari Jurnalistik yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogoryang diselenggarakan di SMP Negeri 5, Jalan Dadali No. 10A, Keamatan Tanah Sareal, Bogor (20/02/2023).

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengapresiasi terselenggaranya Safari Jurnalistik. Menurut Bismo, kegiatan safari jurnalistik sangat bagus untuk memberikan edukasi, ilmu, pengetahuan, pemahaman seputar jurnalis kepada generasi muda terutama para siswa yang didominasi masih duduk dibangku kelas 8.

“Disini kita bersama-sama mendengar dan mendapat ilmu terkait jurnalis. Apa yang ditanamkan oleh ibu bapak guru, orang tua, pemateri untuk adik-adik tentunya akan menjadi torehan dimasa yang akan datang,” ucap Bismo dalam sambutannya.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso

Bismo menilai, banyaknya tulisan nilai-nilai motivasi, pencerahan dan sebagainya yang terpasang di dinding maupun tangga sekolah itu harus diresapi, apa yang diberikan di sekolah harus ditauladani, harus dibawa sampai dewasa.

“Bagaimana kita menghormati orang tua, menyayangi antar sesama, bertoleransi, saling menghormati, menghargai, menjaga kebersihan, membantu orang tua di rumah, belajar mandiri, disiplin waktu. Itu akan menjadi torehan kesuksesan kita di masa depan nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polresta Bogor Kota, Kompol Syahroni selaku pemateri dalam kegiatan tersebut, memaparkan bahwa Safari Jurnalistik sangat positif, dimana semua pihak bisa mencarikan solusi atau formula untuk mengatasi setiap permasalahan dan fenomena, misal kenakalan remaja maupun hal-hal negatif di media sosial.

Kasat Binmas Polresta Bogor Kota, Kompol Syahroni

“Tentunya kehadiran polisi itu harus dimanfaatkan profesinya, sebab kami kepolisian menjadi bagian daripada penyelesaian dan penuntasan permasalahan namun sesuai dengan tugas pokok dan juknisnya,” ungkapnya.

Syahroni pun mengajak kepada semua komponen pendidik atau mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan, mari bersama-sama menjadi bagian daripada tim dalam menghadapi fenomena di kehidupan sekarang.

“Mudah-mudahan gagasan ini menjadi motivasi, atau bagian dari motivator kepada lingkungan masyarakat sebagai orang tua, dunia pendidikan dan juga bagi para pelaku yang masih mempertahankan keegoisannya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat, sehingga acara ini bisa menjadi pengingat bagi mereka,” katanya.

Digelarnya acara Safari Jurnalistik bertema Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat ini tak lepas dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 sekaligus HUT PWI ke-77.

Kegiatan ini diikuti ratusan siswa perwakilan dari masing-masing sekolah tingkat SMP se-Kota Bogor serta dibuka langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Baca Juga :

Bima Arya Ajak Siswa Lebih Bijak Manfaatkan Media Sosial

Selain itu, Safari Jurnalistik menghadirkan lima pembicara yakni Kasat Binmas Polresta Bogor Kota, Kompol Sahroni, Kasubsi Intelejen, M. Ahega Wikantra, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Sujatmiko Baliatro, Pimred Radar Bogor.id, Lucky Lukman Nul Hakim dan Dosen Sains Komunikasi FISIPKOM Universitas Djuanda, Robby Firliandoko.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor diwakili Kasubsi Intelejen, M. Ahega Wikantra, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Sujatmiko Baliatro, Kasatpol PP Kota Bogor, Agustian Syach, Dirum Perumda Pasar Pakuan Jaya, Jenal Abidin, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti, Ketua Korwil 3 PWI Jawa Barat, H. RM. Danang Donoroso, serta para undangan lainnya.

Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti menuturkan, bahwa safari jurnalistik salah satu program yang akan dilakukan rutin oleh PWI Kota Bogor. “Kami ingin memberikan edukasi kepada semua pihak terkait jurnalistik. PWI Kota Bogor juga segera menjalankan program yang dinamai “Bengkel Redaksi“. Kedepannya, sosialisasi maupun pemahaman tentang jurnalis akan terus kami lakukan, terutama di sektor pendidikan di Kota Bogor,” pungkasnya. (PR/Fjr) | Foto: Dok. PWI Kota Bogor

Leave A Reply

Your email address will not be published.