Trenz Indonesia
News & Entertainment

Porsche Roadster 718 Menjadi Model Tercepat Dan Terkuat Sepanjang Masa

Mobil ini mampu mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 10,9 detik.

448

TrenzIndonesia.com l – Ini Dia Porsche Roadster 718 RS yang menjadi model tercepat dan terkuat sepanjang masa besutan pabrikan Porsche bermesin revving tinggi 368kW/500 PS dari 911 GT3.

Setelah tiga puluh tahun perkenalan mobil konsep Boxster, Porsche meluncurkan versi terkuat dari roadster mid-engined yang popular: Porsche 718 Spyder RS baru.

Untuk pertama kalinya, mesin high-revving naturally aspirated dari 911 GT3 digunakan pada mobil sport mid-engined.

Ini Dia Roadster 718 Tercepat Dan Terkuat Sepanjang Masa

Unit daya ringan yang sama dengan desain revving tinggi juga menggerakkan mobil balap Porsche 911 GT3 Cup.

Atap soft-top manual yang sangat ringan dan sederhana pada 718 Spyder RS membuat suara mesin yang sangat membangkitkan menjadi pengalaman yang lebih memikat.

Efek ini ditingkatkan oleh sistem knalpot sport stainless steel ringan dan saluran masuk udara yang khas di sisi belakang sandaran kepala.

Mesin alami dengan revving tinggi dan konstruksi yang sangat ringan

Ini Dia Roadster 718 Tercepat Dan Terkuat Sepanjang Masa

Powertrain pada Porsche 718 Spyder RS baru identik dengan 718 Cayman GT4 RS coupe.

Mesin boxer enam silinder dengan volume silinder 4,0 liter ini berputar hingga 9.000 rpm dan menghasilkan output 368 kW (500 PS) dan torsi maksimum 450 Newton meter.

Dipadukan dengan transmisi PDK tujuh percepatan dengan rasio pendek, mesin enam silinder ini meluncurkan roadster dua tempat duduk dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik.

Mobil ini mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 10,9 detik. Dibandingkan dengan 718 Spyder tanpa sebutan ‘RS’, mobil baru ini tidak hanya mendapat keuntungan dari tambahan 59 kW (80 PS), tetapi juga mempercepat akselerasi hingga 100 km/jam setengah detik lebih cepat.

Kecepatan maksimum sekarang adalah 308 km/jam daripada 300 km/jam. Seperti setiap model RS modern, Porsche 718 Spyder RS baru tersedia secara eksklusif dengan transmisi dual clutch (PDK) Porsche.

Gearbox ini berpindah gigi dengan kecepatan kilat dan menjamin performa maksimum. Paddle shift memungkinkan pengemudi untuk tetap menggenggam kemudi bahkan saat beralih gigi secara manual.

Sebagai alternatif, pengemudi dapat menggunakan selector lever yang dirancang ergonomis pada konsol tengah.

Selain mesin yang lebih bertenaga, bobot yang lebih ringan pada model baru juga berkontribusi pada performa yang lebih baik.

Dengan bobot 1.410 kilogram, Spyder RS lebih ringan 40 kg daripada 718 Spyder dengan PDK dan sebenarnya lima kilogram lebih ringan dari Cayman GT4 RS tertutup 718.

Spyder RS merupakan puncak tertinggi dari model yang dimulai pada tahun 2016.

Aerodinamika seimbang

Bagian depan dari Porsche 718 Spyder RS hampir identik dengan 718 Cayman GT4 RS. Bonnet depan standar terbuat dari CFRP dan dilengkapi dengan lubang udara lebar di atas bumper.

Dua duct NACA meningkatkan pendinginan rem tanpa mempengaruhi nilai Cd. Sideblade di ujung luar bumper meningkatkan downforce.

Bibir spoiler depan sedikit lebih pendek dari pada 718 Cayman GT4 RS, yang dalam kombinasi dengan sayap belakangnya yang besar menghasilkan downforce keseluruhan yang lebih tinggi pada Cayman dan karena itu membutuhkan bibir spoiler yang lebih besar untuk mencapai keseimbangan aerodinamis.

Alih-alih sayap, 718 Spyder RS memiliki tepian yang mencolok berbentuk ducktail. Semua komponen aerodinamika diatur secara rumit.

Mereka mempertahankan keseimbangan aerodinamis mobil dan memastikan stabilitas mengemudi maksimum pada kecepatan tinggi.

Desain soft-top yang murni

Porsche 718 Spyder RS baru dilengkapi dengan soft-top single-layer yang ringan dan dioperasikan secara manual.

Desainnya sangat compact, terdiri dari dua bagian: sun sail dan weather deflector. Keduanya dapat dilepas sepenuhnya dan dapat disimpan bersama atau secara terpisah di dalam kendaraan.

Sun sail sendiri juga dapat digunakan sebagai ‘Bimini top’, sehingga melindungi pengemudi dan penumpang depan dari sinar matahari yang intens.

Ini Dia Roadster 718 Tercepat Dan Terkuat Sepanjang Masa

Dalam hal ini, kompartemen penumpang tetap terbuka ke samping dan belakang penumpang. Bersamaan dengan weather deflector, ini menciptakan atap lengkap yang memberikan perlindungan efektif terhadap hujan ketika jendela samping dinaikkan.

Seluruh atap, termasuk bagian mekanik, hanya berat 18,3 kg. Itu 7,6 kg lebih ringan dari 718 Spyder dan 16,5 kg lebih ringan dari 718 Boxster.

Pengemudi yang ingin mengurangi delapan kilogram lagi dari berat kendaraan dapat meninggalkan soft-top di rumah sepenuhnya, jika cuaca memungkinkan.

Suspensi sport dengan ketepatan dan ketangkasan tertinggi

Ini Dia Roadster 718 Tercepat Dan Terkuat Sepanjang Masa

Chassis 718 Spyder RS menggunakan komponen dari 718 Cayman GT4 RS dan 718 Spyder dan dirancang untuk memberikan kepuasan maksimal dalam mengemudi di jalan berliku.

Dilengkapi standar dengan Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan sports tuning dan diturunkan sebesar 30 milimeter.

Serta dilengkapi juga dengan Porsche Torque Vectoring (PTV) dengan differential mekanik terbatas, bantalan suspensi ball-jointed, dan roda aluminium forged 20 inci.

Perilaku chassis ditandai dengan presisi kemudi yang tajam, serta penanganan yang lincah dan sangat netral.

Tinggi berkendara, camber, trek, dan anti-roll bar semua dapat disesuaikan secara individual.

Dibandingkan dengan 718 Cayman GT4 RS, tarif per dan peredam telah dikurangi untuk mencapai set-up yang lebih santai, dengan karakteristik convertible style.

Interior yang berfokus pada performa

Karakter sporty juga mendefinisikan bagian dalam mobil: interior disederhanakan menjadi esensial fungsional dan ergonomis.

Stir sports RS yang mempunyai grip yang kuat dilapisi dengan Race-Tex dan dilengkapi dengan tanda kuning pada posisi jam 12.

Bucket seats standar terbuat dari CFRP ringan dengan finishing serat karbon dan menawarkan dukungan lateral yang sangat mengesankan.

Cover tempat duduk terbuat dari kulit hitam, sedangkan pusat tempat duduk Race-Tex yang berlubang menampilkan warna kontras dengan latar belakang hitam.

Warna kontras yang tersedia adalah Arctic Grey atau Carmine Red. Logo ‘Spyder RS’ dengan warna yang sesuai dijahit di sandaran kepala.

Dasbor dan aksen ditutupi dengan kulit. Tersedia warna eksterior empat warna polos dan tiga warna metalik, termasuk Vanadium Grey Metallic yang baru serta warna spesial Arctic Grey, Shark Blue, dan Ruby Star Neo.

Paket Weissach opsional dan kronograf yang cocok

Paket Weissach juga tersedia untuk Spyder RS sebagai opsi. Roda magnesium yang ringan dan opsional dapat dipesan dalam kombinasi dengan paket perlengkapan yang berfokus pada performa ini.

Ujung knalpot sistem knalpot olahraga di sini terbuat dari titanium. Tampilannya terinspirasi oleh limited-edition 935 dari tahun 2018.

Sorotan visual di dalam mobil adalah bagian atas dasbor yang ditutupi dengan anti-glare Race-Tex.

Khusus tersedia bagi pembeli Porsche 718 Spyder RS adalah kronograf buatan tangan Porsche Design Timepieces – jam tangan berkualitas premium dari operasi pembuatan jam tangan internal Porsche di Solothurn, Swiss.

Dirancang untuk cocok dengan konfigurasi mobil, casing yang sangat ringan terbuat dari titanium, dial terbuat dari karbon, dan tali jam terbuat dari kulit kendaraan.

Rotor di bagian belakang menggambarkan desain velg roda pada 718 Spyder RS yang sesuai.

“718 Spyder RS meningkatkan kepuasan dalam mengemudi pada mobil terbuka ke level baru,” kata Andreas Preuninger, Head of GT Cars.

“Kombinasi mesin GT3 yang tak tertandingi, transmisi dengan rasio pendek, dimensi yang kompak, bobot yang rendah, suspensi balap yang dioptimalkan untuk jalan raya, dan keterbukaan maksimal menawarkan pengalaman mengemudi yang sangat menarik dan tak terfilter,” ungkapnya.

Porsche 718 Spyder RS baru ini dijual mulai dari €155,575, dan akan merayakan debut publiknya pada Juni di perayaan 75 tahun Porsche Sports Cars di Stuttgart-Zuffenhausen.

Dan setelah itu, mobil ini akan muncul di Goodwood Festival of Speed di Inggris.

Informasi lebih lanjut, serta video dan foto, dapat ditemukan di Porsche Newsroom: newsroom.porsche.com.

***

Leave A Reply

Your email address will not be published.