Trenz Indonesia
News & Entertainment

Prajurit dan PNS Markas Kostrad Dapatkan Penyuluhan Terpadu untuk Peningkatan Pengetahuan dan Disiplin

148

JAKARTA, Trenzindonesia | Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Markas Kostrad mendapatkan penyuluhan terpadu yang meliputi berbagai bidang, termasuk Hukum, Keuangan Kostrad, POM Kostrad, Bintal, dan Kesehatan Kostrad. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di Ruang Mandala Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (6/6/2023).

Dalam sambutannya, Asisten Personel Kepala Staf Kostrad Brigjen TNI Abdi Iman Sakti Zebua, SH, M.M., menyampaikan pentingnya seluruh anggota dan PNS Kostrad untuk memperhatikan dan mengamalkan materi-materi yang disampaikan oleh tim Penyuluhan Terpadu.

“Dengan menerima penyuluhan terpadu ini, diharapkan seluruh Prajurit dan PNS Kostrad dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Aspers Kaskostrad.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga nama baik Kostrad di mana pun prajurit dan PNS bertugas atau berada. Aspers Kaskostrad mengingatkan agar tetap kompak dan semangat dalam setiap kegiatan.

Aspers Kaskostrad juga menyampaikan terima kasih kepada para Kepala Balai Latihan Kostrad yang telah memberikan ilmu dan arahan kepada Prajurit dan PNS Markas Kostrad, yang diharapkan dapat menjadi pedoman dalam kehidupan mereka sebagai anggota TNI AD.

Penyuluhan dimulai dengan materi hukum yang disampaikan oleh Kepala Hukum Kostrad, Kolonel Chk Iga Kalaringga Jambose, SH, MH. Materi tersebut mencakup tindak pidana yang sering terjadi dan proses hukum penyelesaiannya, terutama dalam pelaksanaan tugas operasi serta pertanggungjawaban komando dan konsultasi online.

Setelah materi hukum selesai, penyuluhan dilanjutkan dengan materi kesehatan yang disampaikan oleh Kepala Kesehatan Kostrad, Kolonel Ckm dr. Robert Simanjuntak, MARS. Dalam materi tersebut, dijelaskan bahaya penyebaran penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV dan IMS serta langkah-langkah pencegahannya.

Kolonel Inf Rahman dari Bintal Kostrad menyampaikan materi tentang peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menyinggung mengenai ideologi dan tradisi perjuangan TNI, terutama dalam hal perselingkuhan dan disersi.

Materi dari Keuangan Kostrad disampaikan oleh Kapten Cku Edi, yang berfokus pada hak-hak prajurit/PNS dan pengelolaan penghasilan, serta pentingnya mencegah investasi ilegal, pinjol (pinjaman online), dan hidup sederhana tanpa berfoya-foya.

Kegiatan penyuluhan tersebut ditutup dengan materi dari Polisi Militer Kostrad yang disampaikan oleh Komandan Polisi Militer (Danpom) Kostrad, Kolonel Cpm Tugino, S.Sos., S.H., M.M. Ia memberikan penjelasan mengenai penegakan hukum disiplin dan tata tertib, serta cara mencegah terjadinya pelanggaran.

Penyuluhan terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan disiplin para prajurit dan PNS Markas Kostrad dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. (Penkostrad/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.