Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Jokowi Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim

Tandatangani Kesepakatan Bersama dalam Kehangatan Pertemuan di Kompleks Seri Perdana

144

PUTRAJAYA MALAYSIA, Trenzindonesia | Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo mengadakan pertemuan istimewa dengan Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim di Kompleks Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, pada hari Kamis (08/06/2023). Kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut hangat oleh PM Anwar dan Ibu Wan Azizah saat tiba sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Momen kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diiringi dengan persembahan tarian dan silat Melayu yang memukau. Setelah itu, keduanya memasuki ruangan di Seri Perdana untuk menandatangani buku tamu, menandai kehadiran mereka yang membawa pesan perdamaian dan kerja sama bilateral.

PM Anwar kemudian mempersilakan Presiden Joko Widodo untuk berkenalan dengan delegasi dari kedua negara di area lobi. Delegasi Indonesia yang hadir termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Muhammad Aqil Irham, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono.

Setelah memperkenalkan delegasi, PM Anwar mengajak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk berfoto bersama di lokasi yang sama. Kemudian, mereka menuju Anjung Perdana untuk melakukan pertemuan tête-à-tête yang penuh makna dan kedekatan.

Setelah berbincang dengan penuh kehangatan, kedua pemimpin melanjutkan ke Dewan Protokol Hall untuk menyaksikan pertukaran nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara. Rangkaian pertemuan ini ditutup dengan pernyataan pers bersama oleh Presiden Jokowi dan PM Anwar, menunjukkan soliditas dan komitmen dalam mempererat hubungan bilateral yang kuat.

Sementara itu, Ibu Iriana bergabung dalam jamuan minum pagi yang meriah bersama Ibu Wan Azizah di Lake Putrajaya Cruise. Kehadiran Ibu Iriana menggambarkan solidaritas antara kedua negara dalam menjalin hubungan yang harmonis dan saling mendukung.

Kunjungan ini merupakan bukti nyata komitmen Presiden Jokowi dalam mempererat hubungan antara Indonesia dan Malaysia. Dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan pertemuan yang akrab, diharapkan kerja sama kedua negara dapat semakin ditingkatkan dalam berbagai bidang, membawa manfaat bagi rakyat Indonesia dan Malaysia. (Setkab.go.id / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.