Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Jokowi Lantik 833 Perwira Remaja TNI dan Polri

Untuk Melayani Bangsa dan Negara

145

JAKARTA, Trenzindonesia | Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), melantik dan mengambil sumpah 833 calon perwira remaja (capaja) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Upacara pelantikan yang disebut Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri ini berlangsung di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan perwira ini didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 52/TNI Tahun 2023 untuk perwira dari Akademi TNI dan Surat Keputusan Presiden Nomor 53/Polri Tahun 2023 untuk perwira dari Akademi Kepolisian. Para perwira yang dilantik berasal dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Dalam upacara tersebut, para capaja mengucapkan sumpah perwira dengan tekad yang kuat untuk memenuhi kewajiban mereka terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh perwira TNI dan Polri yang dilantik. Ia bangga melantik para perwira muda yang berani, percaya diri, optimis, serta selalu siap mendedikasikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara. Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI dan Polri, para pendidik, pelatih, dan pengasuh di jajaran akademi TNI dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri atas dedikasinya dalam mendidik perwira TNI-Polri yang perkasa, pemberani, dan berkarakter.

Dalam acara tersebut, diumumkan pula peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi. Empat orang peraih Adhi Makayasa tersebut adalah Letnan Dua (Infanteri) Sawung Setiawan dari Akmil, Letnan Dua (Pelaut) Hermawan Burhanudin Tri Putro dari AAL, Letnan Dua (Penerbang) Muhammad Galuh Safari Rahmat dari AAU, dan Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis dari Akpol.

Pelantikan perwira remaja TNI dan Polri ini menandai komitmen pemerintah dalam memperkuat pertahanan dan keamanan negara. Para perwira yang baru dilantik diharapkan mampu melayani bangsa dan negara dengan dedikasi, profesionalisme, serta memegang teguh nilai-nilai kebangsaan.

Presiden Jokowi juga didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dalam upacara tersebut. Hadir pula sejumlah pejabat negara, termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Semoga dengan dilantiknya para perwira remaja ini, TNI dan Polri semakin kuat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk menjaga keamanan dan kedaulatan negara, serta membantu menciptakan lingkungan yang aman dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia. (Sumber: Setkab.go.id / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.