News

Presiden Jokowi Ungkapkan Bendungan Lolak Ditargetkan Selesai Tahun 2023

MINAHASA UTARA, Trenzindonesia | Usai meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) lalu mengungkapkan bahwa pemerintah juga tengah membangun Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak,” ujar Presidenkepada para jurnalis.

Baca Juga :

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara

Presiden menambahkan, keberadaan bendungan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, mulai dari irigasi, pembangkit listrik, mereduksi banjir, hingga menambah pasokan air baku.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” ujarnya.

Terkait Bendungan Kuwil yang baru diresmikan, Presidenmenyampaikan bahwa keberadaan bendungan ini dapat mereduksi banjir sehingga banjir besar yang terjadi di Kota Manado pada 2014 silam tidak terulang kembali.

“Ini bendungan Kuwil Kawangkoan kita harapkan bisa menghilangkan mengurangi banjir utamanya yang ada di Manado, yang kita pernah kejadian di tahun 2014,” ujar Presidendalam keterangan persnya usai peresmian bendungan.

Selain mereduksi banjir, lanjut Presiden, Bendungan Kuwil juga akan menambah pasokan air baku bagi Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

“Yang kedua, juga untuk persediaan air baku bagi Manado, Minahasa Utara dan juga Bitung,” ucapnya.

Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro serta untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sekitar bendungan.

“Ini juga sebagai pembangkit listrik mikrohidro. Saya kira fungsi itu juga sangat baik bisa menghasilkan energi hijau dari Waduk Kuwil Kawangkoan. Dan yang keempat, juga bisa dipakai untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sini,” tandasnya. (MAY/UN-setkab.go.id)

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya