Trenz Indonesia
News & Entertainment

Presiden Lantik 12 Dubes RI untuk Negara Sahabat

Misi Diplomasi RI Semakin Kuat

173

JAKARTA, Trenzindonesia |  Momentum pelantikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (dubes LBBP) Republik Indonesia (RI) di Istana Negara, Jakarta, menjadi bukti keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memperkuat hubungan diplomasi dengan negara sahabat. Sebanyak 12 duta besar LBBP RI resmi dilantik dalam prosesi yang berlangsung megah.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 51/P dan 55/P Tahun 2023 tentang pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia. Keputusan tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Juni dan 23 Juni 2023, menunjukkan komitmen pemerintah dalam memajukan hubungan bilateral dengan negara-negara tersebut.

Para duta besar LBBP RI yang dilantik memiliki peran strategis dalam menjalankan misi diplomasi RI di berbagai belahan dunia. Mereka adalah diplomat terbaik yang akan mewakili Indonesia di tingkat internasional.

Berikut adalah nama-nama duta besar LBBP RI yang dilantik:

Teuku Faizasyah, Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Norwegia merangkap Islandia

Michael Trias Kuncahyono, Duta Besar LBBP RI untuk Takhta Suci

Achmad Rizal Purnama, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Turkiye

Arief, Duta Besar LBBP RI untuk Ukraina merangkap Republik Armenia dan Georgia

Achmad Ubaedillah, Duta Besar LBBP RI untuk Brunei Darussalam

Santo Darmosumarto, Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Kamboja

Grata Endah Werdaningtyas, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos

I Gede Ngurah Swajaya, Duta Besar LBBP RI untuk Konfederasi Swiss merangkap Kepangeranan Liechtenstein

Dupito Dorma Simamora, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribati, Republik Nauru, dan Tuvalu

Meidyatama Suryodiningrat, Duta Besar LBBP RI untuk Rumania merangkap Republik Moldova

Ricky Suhendar, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Peru merangkap Negara Plurinasional Bolivia

Saud Purwanto Krisnawan, Duta Besar LBBP RI untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Lesotho, Kerajaan Eswatini, dan Southern African Development Community (SADC)

Dalam momen pelantikan, para duta besar LBBP RI mengucapkan sumpah dan janji jabatan sebagai bentuk kesetiaan mereka kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mereka berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan profesionalisme demi kepentingan bangsa dan negara.

Presiden Jokowi, sebagai saksi pelantikan, memberikan ucapan selamat kepada para duta besar yang baru dilantik. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri, Andy Rachmianto.

Dengan pelantikan 12 duta besar LBBP RI ini, diharapkan misi diplomasi RI semakin kuat dan efektif dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan negara-negara sahabat. Keberadaan duta besar sebagai wakil negara di tingkat internasional akan memperkuat diplomasi RI dalam berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Maju terus, RI! Semoga para duta besar LBBP RI dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa nama Indonesia bersinar di mata dunia internasional. (setkab.go.id / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.