Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pulih dan Bergerak Maju, Kerja Keras Membajak Krisis

Laporan Tahunan 2020

122

Jakarta, Trenz News | Pada periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, tradisi laporan tahunan diteruskan. Laporan ini memberikan kesempatan seluruh pemangku kepentingan yang ingin mendapatkan perspektif lebih utuh tentang program-program pemerintah yang berasal dari visi-misi Presiden.

Refocusing dan realokasi anggaran memprioritaskan program dan penanganan di bidang kesehatan, pemulihan sosial dan ekonomi, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Koperasi. Namun lima arahan pembangunan tetap menjadi pilar bagi Visi Indonesia 2045 demi memastikan Indonesia menjadi negara maju.

Kerja keras mencapai kemajuan adalah demi menjadikan Indonesia Negara Maju. Tekad itu sudah bulat, puguh. Tak akan surut nyali menghadapinya. Apapun halangannya.

Waktunya singkat, 2045 sudah dekat. Tahun pertama periode pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menjadi bagian dari proses menuju Indonesia satu abad. Tak ada pilihan lain, mau tak mau, suka atau tidak suka, Indonesia harus membajak krisis sebagai sebuah momentum untuk melompat maju.

Reformasi fundamental menjadi sebuah keniscayaan yang harus dilakukan segera dalam pola pikir dan etos kerja. Harus cepat, tepat, dan fleksibel. Efisiensi, kolaborasi, dan teknologi jadi prioritas. Kedisiplinan dan produktivitas harus ditingkatkan. Saatnya mengejar ketertinggalan meski dalam keterbatasan.

Lima prioritas menjadi jawaban yang harus dikerjakan: meningkatkan SDM, keberlanjutan pembangunan infrastruktur, transformasi ekonomi, penyederhanaan regulasi, dan reformasi birokrasi. (PresidenRI.go.id & Kemenparekraf.go.id)

Leave A Reply

Your email address will not be published.