Trenz Indonesia
News & Entertainment

Ruang Anak Muda Luncurkan Gabung Indonesia

Sambut Pemilu 2024

Gerakan Bersama Membangun Indonesia 

JAKARTA, Trenzindonesia | Ruang Anak Muda meluncurkan Gerakan Bersama Membangun Indonesia (Gabung Indonesia) dalam upaya merawat persatuan bangsa dan memaksimalkan pembangunan bonus demografi yang diwakili oleh Generasi Milenial dan Gen Z menghadapi Pemilu 2024.

Tujuan gerakan ini adalah mendorong anak muda untuk berperan aktif dan konstruktif serta menjaga persatuan bangsa dalam konteks politik kebangsaan, bukan politik partisan.

Ruang Anak Muda Luncurkan Gabung IndonesiaMenurut Direktur Eksekutif Ruang Anak Muda, Dr. Robert E. Sudarwan, penting bagi Generasi Milenial dan Gen Z untuk memiliki peran besar dalam menentukan arah kepemimpinan nasional pada Pemilu 2024. Hal ini disebabkan karena Milenial dan Gen Z akan memberikan kontribusi sebesar 56,45% suara berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah dicatat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Robert mengungkapkan perlunya gerakan pencerdasan politik bagi generasi muda agar mereka dapat melihat pemilu sebagai ajang kontestasi yang dimaknai untuk kemajuan demokrasi Indonesia, sambil tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Ia menekankan bahwa penting untuk tidak membiarkan anak muda dieksploitasi hanya sebagai alat untuk mencari suara dengan berbagai provokasi yang dapat mengancam persatuan bangsa.

Selanjutnya, Gabung Indonesia akan melaksanakan kegiatan Activator Camp sebagai upaya pembekalan dan penguatan kapasitas anak muda. Diharapkan para aktivator ini dapat memberikan penyuluhan atau pendidikan politik kepada masyarakat, terutama generasi muda lainnya. Gerakan ini juga mengundang dukungan dari semua pihak yang memiliki kesadaran terhadap national interest untuk mendorong Milenial dan Gen Z menjadikan kepentingan bangsa sebagai jati diri mereka dalam pembangunan di semua aspek.

Robert yakin bahwa dengan partisipasi anak bangsa, baik dari dalam negeri maupun yang berada di luar negeri, melalui Gabung Indonesia akan semakin memperkuat rantai diaspora Indonesia. Gerakan ini akan melibatkan para anak muda sebagai aktivator dalam edukasi politik kepada masyarakat baik melalui interaksi langsung maupun melalui media digital, yang sesuai dengan keakraban Milenial dan Gen Z dengan dunia digital.

Dukungan dan partisipasi dari semua kalangan diharapkan untuk mendukung gerakan ini yang bertujuan untuk national interest. (PAM/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.