Trenz Indonesia
News & Entertainment

Seru Banget! BEM Nusantara Beraksi, Sayangi Lingkungan di Peringatan Hari Lingkungan Hidup!

Nusantara Tanggap Iklim

JAYAPURA, Trenzindonesia | Ngomongin lingkungan, nih, ada kabar seru buat kalian! Badan Eksekutif Nusantara (BEM) Nusantara merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 dengan aksi keren, lho! Mereka menggelar Nusantara Tanggap Iklim yang penuh dengan kegiatan asyik, seperti pembacaan maklumat perubahan iklim, aksi tanam mangrove, dan aksi bersih-bersih sampah plastik.

Siapa yang jadi koordinator aksi? Namanya Salmon Wantik, nih. Lewat acara bertema ‘Bumi Torang Jaga, Bumi Jaga Torang Semua‘, dia protes keras terhadap deforestasi hutan dan pembuangan limbah di Teluk Youtefa Papua. Menurut dia, kebiasaan-kebiasaan itu bisa berdampak buruk pada kualitas lingkungan di sekitar teluk.

“Papua adalah paru-paru dunia yang punya Indonesia, guys! Sebagian besar pulau Papua adalah hutan tropis yang jadi paru-paru dunia saat ini. Tapi, deforestasi yang dilakukan perusahaan sawit dan penebangan liar hutan udah banyak merusak lingkungan. Kalo aksi itu terus berlanjut, udara di dunia bisa tercemar parah, deh,” ujar pria yang juga Presiden Mahasiswa Universitas Cenderawasih itu.

Tapi, gak cuma perusahaan sawit aja, loh, yang mencemari lingkungan di Papua. PT. Freeport Indonesia juga ikutan bikin rusuh. Akibatnya, orang-orang asli Papua, khususnya yang tinggal di daerah Timika, terdampak parah.

Ngomongin sampah plastik juga penting, geng! Kebiasaan membuang sampah plastik bisa bikin perubahan iklim dan merusak ekosistem bawah laut. Laut itu sendiri, loh, menyumbang 50% – 80% oksigen di dunia! Nah, Teluk Youtefa lagi-lagi jadi korban. Nafri dan Engros, yang hidup di sekitar teluk itu, bergantung pada ikan sebagai lauk harian mereka. Tapi, pembuangan sampah yang masuk ke teluk itu berbahaya banget. Parahnya, yang aktif makan ikan dari Teluk Youtefa bisa mandul, terutama perempuan!

Salah satu cara untuk selamatkan biota laut di Teluk Youtefa adalah dengan menanam pohon mangrove dan bersih-bersih sampah plastik. Makanya, Salmon Wantik minta kepada PJ. Walikota untuk segera ambil langkah konkret dalam penanganan limbah di teluk ini. Mereka bakal terus memantau dan mengevaluasinya, guys!

Gak cuma itu aja, Koordinator Pusat (Korpus) BEM Nusantara, Ahmad Faruuq, juga ikut mengimbau pemerintah untuk mengambil kebijakan serius terkait kerusakan lingkungan yang semakin mengancam kehidupan di bumi. Menurut dia, lingkungan dan perubahan iklim adalah tantangan terbesar yang harus kita hadapi, dan pemerintah harus serius menghadapinya.

Seru banget, kan? Aksi BEM Nusantara ini menunjukkan betapa pentingnya kita untuk menjaga lingkungan hidup kita. Yuk, ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyelamatkan bumi kita yang tercinta!. (PAM/Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.