Trenz Indonesia
News & Entertainment

Sosialisasi Pemahaman HAM Bagi Personel Polri Digelar di Polda Banten

134

SERANG, Trenzindonesia | Bidang Hukum (Bidkum) Polda Banten menyelenggarakan sosialisasi penyegaran pemahaman Hak Asasi Manusia (HAM) bagi personel Polri dengan metode ceramah dan diskusi,  Kamis, 27 Juli 2023.

Sosialisasi Pemahaman HAM Bagi Personel Polri Digelar di Polda BantenKegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna Polda Banten dan dipimpin oleh Staf Ahli (Sahli) Kapolri Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta, Staf Ahli Kapolri Bidang HAM Bapak Nurcholis, dan Karo Bakum Divkum Polri Brigjen Pol Drs. Imam Sayuti.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda Banten, Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto, didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif, PJU Polda Banten, Kapolres Jajaran Polda Banten, dan personel Polda Banten.

Dalam amanatnya, Staf Ahli (Sahli) Kapolri Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta menekankan pentingnya menjunjung tinggi HAM dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri. Adi menyampaikan bahwa personel harus memahami prinsip-prinsip HAM, di antaranya bahwa Hak Asasi Manusia adalah milik setiap individu, melekat berdasarkan martabat sebagai manusia, dan tidak dapat dicabut dengan cara apapun. HAM berlaku untuk semua orang.

Adi juga menyoroti pentingnya komitmen Polri dalam bidang HAM, implementasi dan standar HAM dalam penyelenggaraan tugas, serta pemulihan HAM dalam pelaksanaan tugas sebagai hal yang krusial. Dalam hal ini, personel diharapkan melakukan langkah-langkah yang baik dan terukur sesuai dengan standar dan norma yang berlaku.

Kegiatan sosialisasi ini dianggap penting oleh Adi karena dapat meningkatkan pemahaman tentang HAM bagi seluruh anggota Polri. Pendidikan tentang HAM dilakukan mulai dari pendidikan pembentukan hingga pendidikan pengembangan melalui berbagai seminar tentang HAM untuk mengatasi situasi dan isu-isu terkini yang menjadi viral di media massa dan sosial.

Dalam menghadapi berbagai situasi, Adi mendorong personel untuk mengedepankan sikap persuasif dalam menangani permasalahan masyarakat, mengendalikan emosi, dan menghindari pelanggaran HAM pada saat melaksanakan penegakkan hukum. Tindakan tegas dan terukur diharapkan menjadi upaya terakhir secara proporsional.

Sosialisasi Pemahaman HAM Bagi Personel Polri Digelar di Polda BantenKapolda Banten, Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto, berharap agar seluruh personel mengikuti kegiatan ini dengan serius dan mampu mengaplikasikan pemahaman HAM dalam pelaksanaan tugas mereka. Rudy berharap sosialisasi ini dapat mengurangi risiko pelanggaran HAM dan menjadi sarana untuk menampung dan mendengar permasalahan yang terjadi di lapangan terkait HAM.

Sosialisasi Pemahaman HAM Bagi Personel Polri Digelar di Polda BantenKegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman personel Polri tentang pentingnya menghormati dan menjunjung tinggi HAM dalam setiap tugas yang dilaksanakan. Dengan pemahaman yang baik tentang HAM, diharapkan personel dapat melaksanakan tugas dengan baik, menghindari pelanggaran HAM, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (In Rasya / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.