Trenz Indonesia
News & Entertainment

Universitas Ma’arif NU (UMALA) Lampung Ikuti Bimbingan Teknis Auditor Mutu Internal untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta

143

BANDAR LAMPUNG, Trenzindonesia |  Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan tinggi dengan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Auditor Mutu Internal (AMI) yang diselenggarakan di Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung, Kamis – Sabtu, (08 – 10/6/2023). Kegiatan ini diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang berada di bawah Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XV Lampung.

Perwakilan penjamin mutu UMALA Lampung, M. Sayyidul Abrori, M.Pd., menjelaskan bahwa Bimtek AMI ini merupakan bagian dari program utama dan lanjutan dalam Workshop Program Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan ini mencakup beberapa sistem penjaminan mutu yang diselenggarakan secara sistematik untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan, dengan fokus pada relevansi, keterjangkauan, dan pemerataan yang berkeadilan.

Prof. H. Alamsyah, Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, mewakili Koordinator Kopertais XV Lampung, menyampaikan semangat untuk meningkatkan kualitas kampus dan mencapai akreditasi unggul. Beliau mengungkapkan bahwa PTKIS perlu memiliki dokumen atau standarisasi mutu sebagai ruhnya. Dokumen SPMI menjadi hal yang penting dalam proses tersebut, dengan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) sebagai salah satu pihak yang berperan secara signifikan di dalamnya.

Bimtek AMI PTKIS ini menyajikan beragam materi yang meliputi petunjuk teknis pelatihan AMI, panduan AMI, teori perencanaan, pelaksanaan AMI, dan pretest untuk menghasilkan auditor yang profesional. Selain itu, terdapat pula materi tentang teknik wawancara dan telusur, teknik menyusun temuan atau formulir AMI, kode etik auditor, instrumen akreditasi program studi (APS), teknik penulisan laporan AMI, praktik audit (sebagai auditor dan auditee), rapat tinjauan manajemen (RTM) dalam teori dan praktik, serta post test AMI.

Dengan mengikuti Bimtek AMI PTKIS ini, UMALA Lampung menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menerapkan sistem penjaminan mutu yang efektif. Diharapkan, kegiatan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para auditor mutu internal untuk memajukan pendidikan tinggi keagamaan Islam swasta di wilayah Lampung. (Umala Lampung/M Sayyidul Abrori.M,pd – Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.