Trenz Indonesia
News & Entertainment

Usman Sidik, Bupati Halmahera Selatan Yang Bakal Terima Anugerah Kebudayaan Dari Presiden Jokowi

Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tahun 2023

240

HALMAHERA SELATAN, Trenz News | Kiriman Video dan proposal kreatif dari Diskominfo Halmahera Selatan, sukses mengantar Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik masuk 10 nominasi kepala daerah di Indonesia penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tahun 2023.

Yang istimewa, Usman Sidik sendiri menjadi satu satunya Kepala Daerah dari Indonesia Timur yang bakal menerima langsung Anugerah Kebudayaan yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Jokowi Widodo di puncak acara HPN 9 Februari 2023 mendatang di Medan, Sumatra Utara.

Penerimaan Anugerah tersebut berdasarkan berita acara Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 nomor 12/PWI-P/HPN/2023/XII yang ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022 di kantor PWI Pusat Jakarta.

Sebanyak 10 Kepala Daerah di Indonesia terpilih sebagai yang bakal menerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat tahun 2023. Selain Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik, ada juga Bupati Sleman Hj Kustini Sri Purnomo yang terpilih berkat kiriman video dan proposal kreatif berjudul ‘Inovasi Batik Sinon Salak Sleman Berbasis Kearifan Lokal’.

Sementara Bupati Kuningan H Acap Purnama terpilih dengan judul ‘Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alammapag Swasembada Pangan’.

Ada juga, Walikota Surabaya Eri Cahyadi yang terpilih dengan judul ‘Dandan Omah, Ben Apik Rek’, serta Walikota Medan, Bobby Nasution yang terpilih dengan judul ‘Digitalisasi Produk Sandang’.

Kemudian, Bupati Malang, Moh Sanusi yang terpilih dengan judul ‘Inovasi Pangan BerbasisKkearifan Lokal’, lalu Bupati Pesawaran, H Dendi Ramdhona yang terpilih dengan judul ’Sulam Jelujur Dari Pesawaran Untuk Manca Negara’.

Selanjutnya ada Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan yang terpilih dengan judul ‘HM Wardan Dengan Kelapa Yang Membudaya’, Ada pula Bupati Agam, Andri Wardan yang terpilih dengan judul ‘Strategi Kebudayaan Dalam Menjaga Hutan Sebagai Ketahanan Pangan’, serta Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya yang terpilih dengan judul ‘Gerakan Cetak Sawah Mandiri’.

Kadis Kominfo Halmahera Selatan, Sutego menyebutkan bahwa dengan proposal video tentang ‘Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan’ melibatkan kerja sama instansi terkait yakni Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dispar, dan Bapelibangda mengantarkan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik terpilih oleh tim juri Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023.

Menurut Sutego, Bupati Usman Sidik akan dijadwalkan menyampaikan presentasi seputar ‘Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan’ secara terbuka dengan menggunakan pakaian adat dihadapan tim juri pada 3-4 Januari 2023 mendatang, yang akan berlangsung di kantor PWI Pusat, Jakarta.

”Dengan terpilihnya Bupati Usman Sidik masuk nominasi 10 besar Kepala Daerah penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023, maka selain mempromosikan Halmahera Selatan ditingkat nasional pada puncak HPN 2023, juga mengembangkan kopra putih di Indonesia yang diawali dari Halmahera Selatan, apalagi Bupati Usman menjadi satu satunya Kepala Daerah di wilayah Indonesia Timur yang jadi penerima Anugerah Kebudayaan PWI pusat 2023,” Pungkas Sutego. (Fjr – sumber newsgapi.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.