Trenz Indonesia
News & Entertainment

Yel Yel GENERAL MAYA “Pancasila Sudah Final” – Inginkan Para Milenial Paham!

879

Oleh: Amin Bearland*

Mendengarkan lirik lagu GENERAL MAYA yang berjudul “Pancasila Sudah Final” sungguh menarik. Inilah sebagian cuplikannya:

Kita dari dulu sudah punya Pancasila
Ini jati diri
Jati diri bangsa
Jangan kutak katik
Pancasila sudah final

GENERAL MAYA

Sebuah lagu patriot yang mengajak kita untuk tetap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi kebangsaan kita. Dalam lagu tersebut GENERAL MAYA juga mengingatkan bahwa Pancasila itu dibuat dengan darah dan keringat.

Kita ini cuma menikmati, tidak membuat. karena itu jangan coba coba mengganti Pancasila.

Itulah ungkapan lirik dalam lagu “Pancasila Sudah Final” dalam album terbarunya GENERAL MAYA yang baru saja dirilis Sabtu (6/3) lalu. Kehadiran group band yang tadinya bernama BIP (Bongky, Indra Qadarsih, Parlin Burman) yang didirikan 20 April 2000 ini, sungguh berbeda dengan sebelumnya. Kali ini mereka rupanya ingin sampaikan sesuatu kepada masyarakat untuk mendalami hidup berkebangsaan yang benar. Mereka mencoba untuk mengajak masyarakat untuk lebih memahami arti kebangsaan itu sendiri. Karena mereka melihat ada yang coba coba untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa. Mereka tidak mau Pancasila dirubah rubah apalagi sampai diganti. Makanya mereka menyatakan bahwa Pancasila sudah final.

Dalam lirik lagu lainnya mereka juga mengingatkan bahwa dirgayahu kemerdekaan itu milik rakyat bukan milik republik. Karena, menurut mereka, didalam Teks Proklamasi itu yang menyatakan merdeka itu bangsa Indonesia, bukan Republik Indonesia.

“Republik itu bentuk negara. Jadi kita harus paham bahwa yang merdeka itu bangsanya, bukan Republiknya,” tegas Pay dengan lantangnya.

Hadirnya GENERAL MAYA kali ini, penulis melihat ada sesuatu yang ingin disampaikan oleh para mantan personil SLANK yang hengkang di tahun 1996 ini. Tentunya penulis menilai mereka semakin dewasa dan sadar bahwa harus ada sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak, melalui musik mereka dapat menyuarakan sesuatu soal kebangsaan, tentunya juga menyangkut hak dan kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia.

Penulis sangat  bangga dengan gebrakan GENERAL MAYA ini yang membawa misi kebangsaan dalam lagu lagunya. Apa yang ingin mereka sampaikan diharapkan dapat disampaikan ke masyarakat. Terutama anak anak milenial yang kebanyakan masih belum paham tentang isi yang ada dalam Pancasila. Dan bahkan lebih parahnya banyak dari anak anak milenial itu yang tidak hapal Pancasila.

Maju terus pantang mundur GENERAL MAYA. Sangat penting para milenial digiring untuk memahami Pancasila..!!!

Good luck album barunya GENERAL MAYA..!!!

(*) Penulis adalah pengamat musik Indonesia.

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.