Trenz Indonesia
News & Entertainment

Akibat Banjir, Pensuplai Headlining Mobil Daihatsu Tak Berproduksi Selama Tiga Hari

Jakarta, Trenz Otomotif I Banjir besar yang melanda Jabodetabek sejak 1 Januari 2020 yang baru lalu sempat menghentikan gerak perekonomian diwilayah yang terdampak banjir secara langsung. Tidak terkecuali pabrik pembuat headlining untuk mobil Daihatsu yang terletak dikawasan Bekasi, Jawa Barat.

Produsen pembuat headlining kendaraan roda empat ini merupakan salah satu vendor rekanan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yang memproduksi mobil Daihatsu.

Menurut Amelia Tjandra, Marketing Director PT. ADM, ada dua vendor rekanan ADM yang terpaksa tidak dapat berproduksi karena lokasi tempat mereka bekerja terdampak oleh banjir.

“Dikarenakan ada dua vendor ADM yang sempat tergenang banjir hingga menyentuh atap pabrik, maka ini sangat berdampak pada proses produksi di pabrik kami baik yang berada di Sunter maupun yang ada di Karawang, pilihannya kami terpaksa harus menghentikan produksi selama 3 hari pada tanggal 6 Januari hingga 8 Januari 2020,” imbuhnya kepada Trenzindonesia.com, Jumat (10/1/2020).

Selanjutnya Amelia menjelaskan, Daihatsu Indonesia baru mulai beroperasi kembali pada hari Kamis, 9 Januari 2020. Setelah libur tahun baru, seyogianya pabrik kami sudah mulai beroperasi sejak hari Senin, 6 Januari 2020.

“Pabrik Daihatsu di Sunter dan Karawang itu aman, tapi ada dua vendor Daihatsu yang tergenang banjir. Dua vendor inilah yang memproduksi komponen penting, salah satunya headlining,” ungkapnya.

Penyuplai komponen Daihatsu tersebut diketahui terletak di area Bekasi. Seperti diketahui, Bekasi menjadi daerah yang ikut tergenang dengan ketinggian air hingga mencapai atap bangunan. Namun demikian, Amelia enggan menyebut nama perusahaan penyuplai komponen Daihatsu tersebut.

Namun demikian, dalam press conference yang berlangsung di head office PT. ADM, Sunter, Jakarta Utara, Amelia pun memastikan, pabrik kami sudah memulai produksinya lagi, dan akan mengejar ketinggalan dari tanggal 6, 7, dan 8 Januari.

Adapun dampak dari musibah banjir tersebut, kata Amel lagi malanjutkan, tidak terlalu mempengaruhi penjualan Daihatsu di Indonesia. Sebab, waktunya berdekatan dengan hari libur tahun baru dan situasional penjualan pada awal tahun di bulan Januari.

“Biasanya memang Januari itu turun, karena sudah habis-habisan di Desember. Jadi mau banjir atau tidak banjir biasanya memang tetap turun. Proses pengiriman unit juga tidak terganggu, karena memang waktunya juga masih dalam suasana libur,” tutupAmelia. [Sonny Wibz I Foto-foto: Dok PT. ADM]

Leave A Reply

Your email address will not be published.