Trenz Indonesia
News & Entertainment

Rawa Denok Depok Menjadi Ajang Keseruan Coaching Indonesia Ride Adventure Dual Purpose

245

Depok, Trenz Otomotif I Indonesia Ride Adventure (IRA) kembali menggelar coaching dual purpose bagi pengguna roda dua kelas adventure. Tidak kurang dari 15 riders mengambil bagian dalam coaching kali ini yang dilaksanakan pada Minggu (5/12/2021). Adalah Bro Jack Maulana dan Bro Aldy yang bertugas menjadi instruktur dalam pelatihan kali ini. Antusias para riders yang mengikuti coaching kali ini tidak berkurang meski lintasan latihan telah diguyur hujan pada pagi harinya.

Pada coaching kali ini materi yang diberikan kepada riders menuntut konsentrasi lebih karena lintasan yang dilalui sedikit basah. Meski begitu tidak mengurangi antusias para riders yang ingin berlatih dan meningkatkan kemampuan riding mereka yang akan berguna baik di lintasan aspal maupun non-aspal.

Dalam coaching seluruh riders diajarkan 4 teknik untuk menguasai lintasan tanah. “Dengan tanah usai diguyur hujan, setidaknya punya nilai lebih buat para riders. Artinya kalau mereka mampu mengendalikan motor dimedan sedikit basah dan ada tanah basahnya, kan secara otomatis mereka tidak lagi menghadapi kesulitan di medan yang normal,” papar Bro Jack kepada Trenzindonesia.com Selasa (7/12) sore lalu.

Selanjutnya Bro Jack Maulana mengupas 4 materi teknik berkendara yang baik Latihan keseimbangan melalui lintasan zig-zag.

“Latihan keseimbangan ini melatih para riders untuk dapat menguasai kendaraaannya masing-masing. Latihan keseimbangan ini tidak hanya melatih dapat berkendara pada jalanan lurus saja tapi juga melatih kelenturan badan dan kendaraan dengan diberi rintangan meliuk-liuk melewati cone yang telah disiapkan dan diakhiri dengan memutar motor di sebuah lingkaran,” paparnya serius.

Terjatuh menjadi hal biasa dalam berlatih

Latihan Rem Hard Breaking
Sementara itu, dengan materi lanjutan kedua yang diberikan ialah pengereman secara mendadak. Diungkapkan oleh Bro Jack Maulana, teknik pengereman ini diberikan disesuaikan dengan tunggangan yang berbeda-beda, pada materi ini diajarkan bagaimana cara melakukan pengereman hard breaking pada kendaraan ABS maupun Non-ABS. “Pilihan tersebut disodorkan untuk membuat para riders benar-benar mengenal cara melakukan pengereman mendadak pada tunggangannya masing-masing serta momentum yang pas untuk melakukannya,” tukasnya.

Latihan Menanjak dan Menurun
Selanjutnya para riders disuguhkan bagaimana cara mengendarai motor menanjak dan menurun. Meski terkesan terlihat mudah namun sebenarnya tidak. “Ya, latihan menanjak dan menurun dirasa terlihat mudah namun rasanya tidak semudah dilakukan. Latihan menanjak kali ini mengajarkan para riders untuk mengetahui teknik menanjak yang baik serta mendapatkan momentum saat menanjak apalagi dijalanan tanah yang berbeda jauh dengan jalanan beraspal,” kata Bro Jack sesekali memperagakan teknik mengemudikan motor saat hadapi medan tanjakan dan turunan.

Selain itu ada juga latihan menurun dan langsung berbelok. Pada latihan ini para riders dituntut harus bisa mengendalikan kendaraannya tanpa menggunakan rem belakang saat turunan dan langsung menikung sesampainya dibawah setelah melewati turunan.

Bro Jack Maulana yang tak pernah letih dalam membagi ilmu kepada kaum motoris.

Latihan Berhenti Saat Berada Ditanjakan
Salah satu latihan yang jarang dilakukan. Yaitu, bagaimana cara melakukan antisipasi ketika motor tidak mendapat momentum atau berhenti ditanjakan. Latihan ini bertujuan agar para riders tidak panik saat menghadapi kendala-kendala seperti ini yang mungkin saja terjadi saat riding. Teknik ini tidak hanya bagaimana melakukan antisipasi saat kendaraan mati saat ditanjakan tapi juga mengajarkan bagaimana teknik yang baik dan aman untuk melakukan evakuasi.

Meski coaching mengambil waktu yang cukup lama karena terkendala hujan serta panas yang mulai menyengat pada siang hari, namun semangat para riders tetap ada. Semoga dengan coaching yang diberikan ini akan meningkatkan skill serta keamanan para riders saat riding. Salam dual purpose!

Leave A Reply

Your email address will not be published.