Trenz Indonesia
News & Entertainment

Tips Perawatan Mobil Sehari-hari ala Daihatsu Buat Sahabat Yang Sibuk

Jakarta, Trenz Otomotif I Hiruk pikuk Ibu Kota selalu membuat kita terlena denga kesibukan yang kita lakukan sehari-hari, kemacetan lalu lintas di jalan raya seperti sudah menjadi keseharian yang menjadi rutinitas penduduk kota besar seperti Jakarta.

Tetapi sebenarnya, rutinitas dan kemacetan dijalan raya sudah tidak hanya dirasakan oleh penduduk dikota-kota besar saja, namun sudah merebak hingga kekota-kota kecil. Kendaraan bermotor roda empat (KR-4) maupun kendaraan roda dua (KR-2) sudah menjadi semacam kebutuhan primer bagi sebagian besar warga masyarakat.

Intensitas kesibukan yang tinggi terkadang membuat para pengguna kendaraan ini sering melupakan perawatan rutin terhadap kendaraannya yang sudah menjadi teman didalam perjalanan hingga ke tempat kerja.Sebuah kebutuhan yang terkadang sering diabaikan karena dianggap hal sepele.

Bagi pemilik kendaraan sendiri, untuk dating ke bengkel mungkin bias menjadi pekerjaan yang membosankan bahkan sering terlewatkan akibat kesibukan. Hal yang mungkin masih dilakukan hanyalah pemeriksaan berkala setiap 10.000 Km atau maksimal 6 bulan sekali untuk mengunjungi bengkel resmi.

Bagi pengguna KR-4, kali ini Daihatsu ingin berbagi tips perawatan mobil agar mobil Sahabat Daihatsu dapat tetap aman dan nyaman selama digunakan beraktivitas sehari-hari. Berikut ini, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriadi memberikan tips ini;

  1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu.
  1. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.
  1. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.
  1. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.
  1. Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat.
  1. Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

“Dari sharing tips ini, pelanggan dapat menjaga kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari. Sahabat juga dapat mempercayakan kendaraannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, agar pengecekan kendaraan bisa lebih maksimal karena ditangani oleh teknisi handal Daihatsu”, papar Bambang Supriyadi kepada Trenzindonesia.com.

Nah, sekarang sudah tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan perawatan kendaraan Daihatsu kesayangan lagi. Semuanya sudah diberikan tips-tips nya dari tim ahli Daihatsu, tinggal lakukan sesuai dengan tahapan dan kebutuhan saja.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Sahabat Daihatsu, Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.