Trenz Indonesia
News & Entertainment

Sejumlah Pelanggan Huawei Raih Penghargaan Transformasi Digital dan Enam Penghargaan Finalis di Ajang SCEWC 2019Sejumlah Pelanggan Huawei Raih Penghargaan Transformasi Digital dan Enam Penghargaan Finalis di Ajang SCEWC 2019

215

Barcelona, Spanyol, PRNewswire | Di ajang “Smart City Expo World Congress” Ke-9 (SCEWC), dua pelanggan utama Huawei meraih penghargaan transformasi digital bergengsi: pemerintah Yingtan di Provinsi Jiangxi, Tiongkok, meraih Penghargaan Transformasi Digital Tiongkok, dan Distrik Longgang di Shenzhen, Tiongkok, memenangkan Penghargaan Inovasi Pemerintah Digital Tiongkok.

Selain itu, lima pelanggan Huawei tampil sebagai finalis penghargaan kota canggih (intelligent city). Hefei, ibukota Provinsi Anhui, Tiongkok, menjadi finalis Penghargaan Inovasi Pemerintah Digital Tiongkok, sementara, Zhangjiagang di Suzhou, Tiongkok, menjadi finalis Penghargaan Tata Kelola Kota Terbaik di Tiongkok.

Kota Makati di Filipina, State Information Technology Agency (SITA) Afrika Selatan, dan DHL Digital Supply Chain juga tampil sebagai finalis untuk Penghargaan Ide Inovatif global.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pelanggan Huawei memenangkan penghargaan di SCEWC. Namun pada tahun ini, para pelanggan Huawei mendominasi lebih banyak kategori penghargaan dan tampil sebagai finalis ketimbang tahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan pengakuan industri atas upaya Huawei dalam membantu inovasi para pelanggan di sektor kota canggih. Penghargaan tersebut juga diberikan atas kiprah Huawei dalam menghimpun dan membagikan pengalamannya dengan beberapa wilayah lain.

Berdasarkan pengalaman luas dalam transformasi digital perkotaan, Huawei membantu para pelanggan untuk membangun platform digital kota. Dengan mengintegrasikan TIK baru dan data terkonvergensi, platform ini mengoptimalkan berbagai aset digital dari sebuah kota serta memperingkas kegiatan operasional berbagai teknologi baru. Dengan demikian, platform tersebut mewujudkan inovasi dan nilai tambah dari aplikasi perkotaan.

Ken Kang, Director, Intelligent City Solution Department, Huawei Enterprise Business Group, berkata: “Aspek ‘kecanggihan’ bukan berarti kebutuhan dari sebuah kota dapat disediakan teknologi saja. Namun, kebutuhan kota juga terpenuhi dengan mengembangkan model bisnis. Kami mengucapkan selamat kepada Yingtan dan beberapa pelanggan lain atas sejumlah penghargaan bergengsi yang diterima. Penghargaan ini menjadi pengakuan industri terhadap berbagai upaya dan pencapaian mereka dalam mewujudkan kota-kota canggih. Lewat kerja sama yang terbuka, Huawei dan mitra-mitranya akan membangun ekosistem yang piawai serta membantu para pelanggan untuk melanjutkan implementasi platform digital yang sesuai kebutuhan.”

 

Yingtan yang Berbasiskan IoT Raih Penghargaan Transformasi Digital dengan Jangkauan 5G+IoT

Sebagai kota percontohan di bidang komunikasi Tiongkok, Yingtan mewujudkan “Yingtan Canggih, Berbasiskan IoT“. Lewat kolaborasi dengan Huawei, pemerintah Yingtan telah membangun layanan perkotaan terpadu dalam model “Satu Pusat, Empat Platform“. Yingtan juga menjalankan “otak” IoT yang tervisualisasi, efisien, dan canggih. Selain itu, Yingtan memakai platform model informasi perkotaan dengan presisi tinggi dan jangkuan 5G+IoT untuk seluruh bidang.

Dengan demikian, Yingtan mampu membangun digital twin dan mengembangkan perekonomian digital dengan menjadikan industri IoT sebagai bagian penting. Dalam dua tahun terakhir, jumlah perangkat yang terkoneksi via IoT telah melampaui jumlah penduduk kota. Sementara, ada 214 perusahaan IoT yang berdiri. Hal tersebut mendukung transformasi dan perkembangan pesat industri, perekonomian, dan masyarakat Yingtan.

Yingtan kini resmi meluncurkan layanan 5G. Sebanyak 43 kategori aplikasi IoT seperti intelligent water, intelligent transportation, intelligent streetlights, serta intelligent parking meningkatkan kehidupan warga. Jaringan IoT seluler lokal kini memiliki densitas dan mutu jangkauan terkemuka di tingkat nasional. Yingtan menerapkan smart water meter pertama di Tiongkok, sehingga laju instalasi fasilitas air mencapai 95% dan tingkat kebocoran air turun menjadi 12%. Volume air yang dapat dihemat mencapai 2,4 juta ton. Dengan mengembangkan smart transportation, 89% kendaraan operasional di Yingtan telah memasang terminal IoT, dan jumlah alarm harian yang aktif telah turun, dari 15.000 hingga menjadi sekitar 280.

 

Distrik Longgang di Shenzhen Raih Penghargaan Inovasi Pemerintah Digital (Tiongkok) atas Kiprahnya sebagai Kota Canggih Pertama di Dunia dengan “Otak” Mutakhir

Distrik Longgang di Shenzhen mulai membangun infrastruktur kota canggih pada 2013. Distrik ini ingin menjadi kota pertama di dunia dengan “otak“—atau pusat kendali operasional yang mutakhir. Pemerintah distrik kini menjalankan model pembangunan yang memfasilitasi kerja sama antara pemerintah dan perusahaan. Kerja sama tersebut menekankan pembangunan infrastruktur, berorientasi pada data, serta memfasilitasi kegiatan pemerintah yang menghasilkan manfaat bagi warga. Hasilnya, Longgang mencetak tiga rekor di tingkat nasional: memiliki pusat kendali canggih yang pertama di Tiongkok dengan akses terhadap sistem informasi di seluruh distrik, distrik pertama yang mengelola aplikasi perkotaan dengan satu peta, serta distrik pertama yang memakai aplikasi seluler untuk membantu pihak administrator dalam memantau seluruh distrik. Aplikasi ini hadir dengan ringkas dan praktis, serta secara efisien melayani lima juta warga di distrik tersebut.

 

Finalis Penghargaan Ide Inovatif: DHL Digital Supply Chain—Solusi Logistik dan Pergudangan Canggih

Huawei dan DHL Digital Supply Chain telah mengembangkan solusi logistik dan pergudangan canggih berdasarkan IoT industri. Memanfaatkan RFID dan infrastruktur cloud, solusi ini meningkatkan efisiensi dan otomatisasi rantai pasokan kota canggih. Solusi tersebut memberikan pengelolaan dengan seketika dan menjamin tingkat keberhasilan 100% dalam label reading dengan jarak hingga 100 meter. Transparansi pengelolaan material dan efisiensi material handling juga meningkat secara drastis.

 

Finalis Penghargaan Ide Inovatif: Makati—Kemampuan Tanggap Darurat Perkotaan yang Lebih Piawai

Kota Makati di Filipina termasuk salah satu dari 16 kota di metropolitan Manila, Filipina. Makati bekerja sama dengan Huawei untuk menjalankan solusi urban intelligence. Solusi ini ingin meningkatkan kemampuan tanggap darurat di perkotaan lewat interkoneksi infrastruktur digital. Dengan solusi tersebut, warga bisa melaporkan tindak kejahatan dan meminta bantuan kepada pusat kendali perkotaan secara lebih cepat. Warga kini langsung terhubung dengan pusat kendali melalui perangkat IoT, hanya dengan satu klik. Sementara, pusat kendali canggih Makati menerapkan pengendalian informasi secara seketika dan komunikasi terpadu, sehingga tata kelola pemerintah distrik bisa berjalan lebih baik.

 

Finalis Penghargaan Ide Inovatif: SITA Afrika Selatan—Pemerintah Digital yang Lebih Gesit dengan Platform Cloud

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Afrika Selatan telah menemui berbagai tantangan seperti lonjakan biaya layanan publik dan inefisiensi manajemen akibat data yang terfragmentasi. Melalui platform cloud Huawei, SITA telah memperingkas sejumlah sekat informasi antarinstansi guna menghasilkan kolaborasi efektif pada informasi dan data. Langkah ini ditempuh untuk mempercepat pelaksanaan dan pengadaan layanan publik dengan biaya yang jauh lebih murah. Platform cloud Huawei juga membantu SITA untuk membangun pemerintah digital yang lebih gesit, responsif, dan fleksibel, secara drastis meningkatkan mutu layanan publik.

Solusi kota canggih Huawei telah melayani lebih dari 500 juta warga di 200 lebih kota yang tersebar di lebih dari 40 negara serta wilayah. Pada ajang SCEWC Ke-9 yang berlangsung dari 19-21 November di Barcelona, Huawei memamerkan berbagai produk dan solusinya dengan tema “Membangun Kota Canggih yang Sepenuhnya Terkoneksi“. Stan pameran Huawei terletak di C321 di Aula 2, Gran Via.

Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai solusi kota canggih dan praktik terbaik Huawei, silahkan mengunjungi: https://e.huawei.com/topic/smartcity2019/en/index.html?source=corp_comm. (PR Newswire)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.