Trenz Indonesia
News & Entertainment

Bilibili Ungkap Rencana Pengembangan Konten Anime untuk Tahun 2020 di Pameran Tahunan Anime Tiongkok MADE BY BILIBILI

147

Bilibili Meluncurkan 27 Serial Anime Tiongkok Baru dan Memperbarui 13 Serial Anime yang Telah Ada

Shanghai, PRNewswire | Ajang “MADE BY BILIBILI 2019-2020” ialah sebuah acara yang memamerkan berbagai perkembangan baru dan pencapaian Bilibili di bidang anime Tiongkok. Acara ini berlangsung pada Minggu, 17 November di Shanghai. Di ajang tersebut, Bilibili mengumumkan 27 serial anime Tiongkok terbaru, sebagian besar akan tersedia di media daring (online) pada 2020. Dari 27 serial anime baru yang segera dihadirkan Bilibili bagi pembacanya, 13 di antaranya ialah karya orisinal. Bilibili juga memperbarui 13 serial anime Tiongkok yang telah ada. Ke-13 serial ini telah dilansir di ajang perdana “MADE BY BILIBILI 2018-2019” pada Desember 2018.

Selain itu, Bilibili resmi mengumumkan karya adaptasi anime dari kisah fenomenal The Three-Body Problem yang meraih berbagai penghargaan. Kisah The Three-Body Problem merupakan karya penulis fiksi sains ternama Tiongkok, Liu Cixin. Anime ini akan dirilis pada 2021. Bilibili juga meluncurkan cuplikan (trailer) resmi perdananya, sehingga pembaca dapat melihat sekilas dunia masif The Three-Body Problem.

Anime “The Three-Body Problem” karya Liu Cixin segera hadir di Bilibili pada 2021

“Dari perspektif saya sebagai penulis fiksi sains, anime sangat cocok bagi konten fiksi sains. Dibandingkan film biasa yang menampilkan aktor dan aktris sungguhan, anime memberikan keleluasaan yang lebih besar,” kata Liu di acara perayaan hari jadi Bilibili ke-10 pada Juni lalu, saat Bilibili pertama kali mengumumkan karya adaptasi anime dari karya terkenal Liu tersebu

Karya visual “The Three-Body Problem” di Bilibili

Bilibili menunjuk YHKT ENTERTAINMENT, salah satu studio animasi terkemuka di Tiongkok, untuk memproduksi anime Three-Body Problem atas izin dari Three-body Universe (Shanghai) Cultural Development Co Ltd. Kedua pihak bukan kali ini saja bekerja sama. YHKT ENTERTAINMENT juga memproduksi serial yang sangat digemari Incarnation. Serial ini mengangkat kisah thriller/petualangan dengan tema akhir zaman, serta telah dibaca lebih dari 73 juta kali sejak diluncurkan di Bilibili pada 13 Juli 2018.

Bilibili telah mengalami pertumbuhan pesat dalam kategori konten anime Tiongkok pada 2019, sejalan dengan besarnya minat terhadap anime Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir. Anime Tiongkok menjadi konten nomor satu yang dibuat kalangan profesional pada 2019 di Bilibili. Jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) pada kanal anime Tiongkok Bilibili telah mengungguli kanal anime Jepang untuk pertama kalinya. Durasi yang dihabiskan pada kanal anime Tiongkok menembus 300 juta jam. Kanal anime Tiongkok Bilibili meluncurkan 104 karya pada 2019, menyamai pasokan anime Jepang.  Menurut iResearch, perusahaan riset pihak ketiga, omzet industri animasi Tiongkok mencapai RMB 194,1 miliar, dan jumlah pengguna anime daring mencapai 300 juta pada 2019.

“Kami yakin, tahun 2020 kelak menjadi tonggak bersejarah: tahun luar biasa bagi antusiasme terhadap animasi di seluruh negeri,” ujar Carly Lee, Wakil Komisaris Utama & Chief Operating Officer Bilibili. “Pada 2020, generasi era 1980-an akan berusia 40 tahun, dan generasi era 2000-an kelak berusia 20 tahun. Bertambahnya usia audiens animasi ini mendorong perubahan posisi anime. Di masa sebelumnya, animasi menghibur anak-anak atau remaja, dan kini kontennya menyasar kebutuhan pembaca dari segala usia.”

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Bilibili ingin membangun koleksi luas dari anime Tiongkok bermutu tinggi, baik dalam bentuk karya orisinal dan karya adaptasi dari berbagai novel, komik, dan game. Misalnya, Bilibili mengumumkan karya adaptasi anime dari novel daring yang sangat populer di Jinjiang Literature City, berjudul Heaven Official’s Blessing, atau Tian Guan Ci Fu dalam bahasa Mandarin. Serial anime ini segera tersedia di Bilibili pada 2020.

Di tengah pesatnya perkembangan industri animasi Tiongkok, karya adaptasi anime telah menjadi cara untuk memperbarui dan memperpanjang karya bermutu tinggi dengan hak kekayaan intelektual. Dalam beberapa tahun terakhir, Bilibili telah berkolaborasi dengan beberapa platform literatur terkemuka, seperti China Literature dari Tencent, Jinjiang Literature City serta ZhangYue Technologies (kreator iReader app). Kerja sama ini bertujuan untuk mengadaptasi sejumlah novel, komik, dan game populer ke dalam karya animasi.

Animasi “Heaven Official’s Blessing” segera hadir di Bilibili pada 2020

Terinspirasi dari kisah Tiongkok klasik, Romance of the Three Kingdoms, dan diadaptasi dari komik dengan judul serupa, serial anime The Ravages of Time juga menjalani debutnya di ajang “MADE BY BILIBILI 2019-2020“, dengan meluncurkan cuplikan (trailer) resmi. Bilibili dan iDreamSky Entertainment menunjuk ZhuoHua Entertainment untuk memproduksi karya tersebut, serta akan tersedia pada Bilibili pada 2020.

Bilibili juga mengumumkan pemenang program “Little Universe” tahun ini. Program tersebut pertama kali diluncurkan pada 2016, dan ingin menemukan bakat animasi muda dari seluruh Tiongkok. Para animator muda ini akan dilatih dan diintegrasikan ke dalam industri animasi Tiongkok.

 

TENTANG BILIBILI INC

Bilibili merupakan merek ikonis dalam sektor hiburan daring, bermisi untuk memperkaya kehidupan generasi muda di Tiongkok. Bilibili menyajikan hiburan daring terlengkap, meliputi berbagai jenis genre dan format media, termasuk video, tayangan langsung (live broadcasting), mobile game. Bilibili menghadirkan pengalaman hiburan menarik dan konten bermutu tinggi yang memenuhi minat pengguna serta komunitasnya yang terus berkembang dan beraneka ragam. Platform ini hadir berdasarkan hubungan emosional yang kuat antara para pengguna Bilibili serta konten dan komunitasnya. (PR Newswire)

Leave A Reply

Your email address will not be published.