Trenz Indonesia
News & Entertainment

Makna Kemerdekaan Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Ekonomi

Saiful SH

187

Jakarta, Trenz Corner |Kemerdekaan merupakan keadaan suatu bangsa atau negara yang pemerintahan nya di atur oleh bangsanya sendiri, tanpa intervensi pihak asing. Kemerdekaan biasanya mengacu kepada kedaulatan suatu negara. Sebuah negara dapat mengklaim kemerdekaan nya untuk menjadi negara yang berdaulat yang kemudian di sebut sebagai deklarasi kemerdekaan.

Dengan Proklamasi, kemerdekaan merupakan alat hukum internasional untuk memberitahukan keseluruh penduduk dunia, bahwa bangsa Indonesia merdeka dan mengambil nasib di tangan nya sendiri dalam memegang erat hak kemerdekaan yang meliputi bangsa, tanah air, pemerintah, dan rakyat. Bumi air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya adalah sumber kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. oleh karena itu makna kemerdekaan tidak bisa di pisahkan oleh kemerdekaan ekonomi.

Perekonomian dan kedaulatan ekonomi, secara hubungan internasional Pemerintah harus berjuang secara fight untuk memperjuangkan kepentingan nasional melalui negosiasi dan kerjasama dan investasi saling menguntungkan dengan menekankan pentingnya fair trade. Adapun secara internal peningkatan daya saing produk lokal di lakukan secara bertahap, melalui peningkatan produk produk UMKM.m Melalui fasilitas pelaku usaha dan regulasi trade, yang mengarah terhadap sistem kebijakan melindungi dan edukasi para pelaku Usaha UMKM.

Saiful SH

Mari kita bersatu dan bergotong royong, untuk bangkit memulihkan ekonomi nasional sesuai tema kemerdekaan RI yang ke 76 yakni ‘INDONESIA TANGGUH, INDONESIA TUMBUH’.

Dan selalu berpedoman terhadap nilai nilai Pancasila, sebagai generasi penerus kita harus tangguh dan tumbuh dari dua masalah yaitu masalah kesehatan dengan adanya pandem icovid-19, dan masalah ekonomi. Ke dua masalah ini adalah masalah serius yang harus di hadapi bersama sama.

Hakikat kemerdekaan ekonomi merupakan ekonomi yang berdaulat, yakni menyangkut kemampuan mengendalikan kekuatan besar dari negara lain / dari lembaga internasional yang berniat mengubah dan menjajah haluan ekonomi Indonesia ke hal yang lebih buruk.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 76 . Jangan lupakan sejarah. Jadikan hari peringatan kemerdekaan ini sebagai  Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan sebagai motivasi  Menuju Indonesia Menjadi negara Maju.

 

SAIFUL SH

Leave A Reply

Your email address will not be published.