Trenz Indonesia
News & Entertainment

Rakor Organisasi Pewayangan : Perlunya Menanamkan Kecintaan seni Wayang Kepada Generasi Milenial.

Jakarta, Trenz Video |  Kesenian wayang merupakan salah satu karya sastra yang sangat penting untuk diperkenalkan kepada anak-anak generasi masa kini.

Anak-anak Indonesia dalam beberapa dekade mengalami kelangkaan sastra panggung, apalagi cerita-cerita yang memiliki nilai didaktif.

Demikian antara lain pandangan yang mengemuka dalam Acara Rapat Koordinasi (RAKOR) “Organisasi Pewayangan Indonesia,” yang berlangsung di ruang sarasehan Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta Timur, Selasa (10/03/2020).

Dalam Rapat Koordinasi Organisasi Pewayangan Indonesia bertema ‘Bergerak Bersama Memajukan Wayang Indonesia’, antara lain membahas tindak lanjut berbagai pencapaian besar yang diraih Sena Wangi. Terutama dalam rentang waktu tahun 2018 – 2020, setelah ditetapkannya KEPPRES No. 30 Tahun 2018, tentang Hari Wayang Nasional.

Pada kesempatan tersebut, juga diluncurkan (soft launching) sebuah buku berjudul “Blencong Wayang Dalam Hidup Zaman Now” karya dalang yang juga seorang pengamat seni wayang, Romo Y. Sudarko Prawiroyudo. Melalui karyanya penulis memotret berbagai kondisi sosial politik abad ini yang faktual pada zamannya.

“Kami berharap buku ini dapat menjadi komprador yang menjembatani kisah-kisah masa lalu yang menyejarah dalam konteks kekinian. Menjadi katalisator kebudayaan; penguat ketahanan dan identitas kebangsaan. Budaya adiluhung ini dapat dikenal, diturunkan, dan diwariskan kepada masyarakat, terutama generasi muda; ’kids zaman now’, baik dari segi konten maupun konteksnya,” ujar Kepala Bidang Humas SENA WANGI, Eny Sulistyowati S.Pd , MM, yang telah menerbitkan buku ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.