Trenz Indonesia
News & Entertainment

GSUI Gandeng Asparnas Dan Brabus Lakukan Ekspedisi Kebangsaan Hadir Untuk Negeri 2020

Ekspedisi Kebangsaan Tahunan Dari Sabang Hingga Merauke

20

Jakarta, Trenz News |Untuk memperingati 75 Tahun Kemerdekaan RI, Gerakan Seribu Untuk Indonesia (GSUI) mencanangkan sebuah gerakan yang diwujudkan dalam bentuk Ekspedisi Kebangsaan Tahunan Dari Sabang Hingga Merauke. Gerakan berkesinambungan ini juga untuk menyambut peringatan 100 Tahun Kemerdekaan RI.

Ditahun ini, meski dilaksanakan di tengah pandemik Covid-19 yang tengah melanda dunia, GSUI akan memulai ekspedisi kebangsaan yang dinamakan Hadir Untuk Negeri 2020 (HUI 2020) pada wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Muhanta Hatta selaku Ketua GSUI mengatakan ekspedisi ini adalah untuk memunculkan Semangat bangkit bagi para pelaku bisnis di Dunia Pariwisata domestik dan UMKM pendukungnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menyambut 75 tahun Kemerdekaan RI, GSUI akan melaksanakan ekspedisi dari Sabang sampai Maureke, namun waktu tidak berpihak, karena pandemi Covid-19,

GSUI baru akan memulai Ekspedisi Kebangsaan HUI 2020 pada wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang akan dimulai pada 5 Oktober 2020 hingga 11 Oktober 2020 dengan teknis perjalanan melalui Darat dengan Tiga Mobil dan mengikuti peraturan protokol kesehatan,” ucap Muhanto Hatta dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/10/20).

Metoda yang ditempuh adalah dengan mendatangi, menggali sisi lain keunikan pariwisatanya dan kemudian memberitakan liputan tersebut kepada dunia melalui media masa dan media sosial. Titik Singgah HUI 2020 yaitu Kasepuhan Cirebon, Kasepuhan Cipta Gelar, Cilacap, Sragen, Magelang hingga Surakarta.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Dr. Ngadiman SH, SE, Msi menambahkan pada ekspedisi ini, Tim Perjalanan HUI yang dibentuk, akan menyusuri sejumlah titik singgah yang penuh dengan kearifan lokal dan mewakili kriteria dasar yang ditentukan, diantaranya tentang:  Pembangunan Desa, Ketahanan Nasional, (Mulai dari Ketahanan Pangan hingga Ketahanan sumber daya energy), Peran BUMN & BUMD, Pendidikan Umum, Ekonomi Kerakyatan, Sosial, Budaya, Tempat Bersejarah, hingga Potensi pariwisata yang belum populer.

Dampak yang diharapkan dari gerakan dan kegiatan HUI ini diantaranya, munculnya kegiatan serupa yang dilakukan oleh komunitas kecil maupun besar dengan mendatangi obyek wisata lokal dengan penerapan protokol kesehatan yang memadai, sehingga ekosistem pariwisata lokal di Indonesia yang sebelumnya merupakan salah satu penyumbang terbesar bagi APBD dan APBN dapat kembali pulih bahkan meningkat tajam,” jelas Dr. Ngadiman.

Pariwisata dan UMKM akan bangkit, kita yang harus bangkitkan, kalau bukan kita yang lakukan siapa lagi, ini sebuah hal yang sangat positif. Sebuah penghormatan bagi kita semua untuk para super hero lokal, dengan cara menghargai karyanya juga membeli produknya,” ungkap Dr. Ngadiman.

“Ini cara kita Membangkitkan kecintaan terhadap produk lokal, saat ini kita di banded negara lain, sekarang kita yang banded mereka dengan membeli produk hasil karya anak bangsa,”tambah Dr. Ngadiman.

Kita buktikan pada dunia, Indonesia bisa lebih hebat setelah pandemi nanti. Kita bisa lebih baik dari negara lain, lebih baik dari siapapun. Dengan mengajak semua Komunitas, kita sama – sama mewujudkan mimpi besar untuk Indonesia Maju,”ungkap Kris Tjantra perwakilan dari Brabus (salah satu perusahaan otomotif).

Ekspedisi HUI 2020 akan tetap mengikuti protokol kesehatan, setiap hotel atau tempat yang kita singgahi kita akan perkenalkan. Temen temen media bisa menaikan berita positif, karena Kita lakukan hal positif untuk Indonesia,” tandas Kris Tjantra.

Dalam Ekspedisi  ini, HUI 2020 di hadiri oleh Dr. Ngadiman SH, SE, MSi (Ketua Umum Asparnas), Ufur dari Trisakti untuk Indonesia, Muhanto Hatta (Ketua GSUI) Kris Tjantra (Bendahara GSUI), Carl Ideas (Sekjen GSUI), Hengky kurniawan (Brabus), Wildan (MCB) dan Dr. Leny Marlina, Dipl.AAAM (Duta Asparnas).

Untuk itu, GSUI mengajak seluruh elemen bangsa ini untuk bersama sama mendukung gagasan gerakan menggali potensi tersembunyi di Nusantara, sebagai salah satu kekuatan dahsyat menuju Indonesia maju. (Fjr/edi triyono) | Foto: edi triyono

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.