News Otomotif

Begini Penampakan Yamaha XMax 250 Connected Milik Rifky Hidayat

TrenzIndonesia.com l – Seperti apa penampakan Yamaha XMax 250 Connected milik Rifky Hidayat dan apa saja ubahannya. Tim redaksi trenzindonesia.com telah merangkumnya dan tersaji juga dalam kumpulan galery foto.

Memodifikasi motor saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penggemar motor modifikasi.

Memodifikasi motor dapat dimasukkan ke dalam kategori hobi. Bagi seorang modifikator atau penggemar motor modifikasi hasil akhir dari sebuah karya modifikasi adalah kepuasan batin yang tak dapat dinilai dengan uang.

Yamaha XMax 250 Connected milik Rifky Hidayat//Foto: Dok. Rifky Hidayat//sny-trenzindonesia.com

Meskipun terkadang hobi ini dapat menguras kantong yang tidak sedikit.

Namun bagi mereka yang menggemari itu bukanlah sebuah masalah yang besar selama dapat menyalurkan hobi yang satu ini.

Salah satunya adalah Rifky Hidayat, saat ini sudah banyak piala yang Ia peroleh dari semua kontes yang diikutinya.

Rifky Hidayat bersama Yamaha XMax 250 Connected saat mengikuti CustoMAXi 2023//foto: Dok. Google//sny-trenzindonesia.com

Ia selalu memunculkan tema dan konsep yang berbeda. Di tahun 2024 ini, Rifky kembali muncul dalam ajang kontes modifikasi yang di gelar oleh Dyandra Promosindo bersamaan dengan penyelenggaraan IIMS 2024 yang berlangsung dari tanggal 15 – 25 Februari 2024 di JiExpo Kemayoran Jakarta.

Rifky kembali hadir dengan Yamaha XMax 250 Connected, sebagai catatan bahwa tunggangan Yamaha XMax ini pernah Ia turunkan dalam ajang CustoMax and Yard Built pada tahun 2023 lalu dan menjadi debut Yamaha XMax generasi terbaru pertama yang mengikuti ajang kontes modifikasi.

Rifky mengusung livery Yamaha R1 WorldSBK Milwaukee edition tahun 2015 saat mengikuti ajang CustoMAXi 2023//Foto: Dok Google//sny-trenzindonesia.com

Kemenangan Rifky dalam ajang tersebut menjadi catatan khusus bagi pabrikan Yamaha dan menjadi langkah baru khususnya di di dunia modifikasi motor.

Dalam ajang bergengsi tersebut memperoleh posisi pertama untuk kelas Yamaha XMax Daily Use.

Konsep Arai Nakano X yang melekat pada livery cover body Yamaha XMax 250 Connected//Foto: Dok. Rifky Hidayat//sny-trenzindonesia.com

Saat itu Rifky mengusung livery Yamaha R1 WorldSBK Milwaukee edition tahun 2015.
Namun dalam ajang kali ini Rifky mengusung konsep livery Arai Nakano X yang terinspirasi dari helm Arai Nakano yang legendaris.

Detail konsepnya pun begitu melekat pada garapannya kali ini. Tak hanya itu, Ia pun banyak melakukan ubahan pada berbagai part Yamaha XMax 250 Connected.

Part aftermarket menjadi pilihan Rifky meskipun harus menguras kocek namun Ia menyatakan puas dengan hasil akhir karyanya.

Part cover bak cvt Tanutong CNC Billet biatan Thailand//Foto: Dok. Wibz//sny-trenzindonesia.com

Dari keseluruhan part ubahan, terdapat 75% part aftermarket yang dipakai adalah berasal dari Thailand.

Ia berkilah kalau produk Thailand pengerjaannya sudah dengan CNC dan hasilnya halus dan memiliki guratan yang berkarakter.

Walaupun terdapat berbagai ubahan yang dilakukan namun Rifky tetap mempertahankan bentuk asli dari pabrikan.

75% part aftermarket berasal dari pabrikan Thailand//Foto: Dok. Wbz//sny-trenzindonesia.com

Iapun memilih part ubahan yang keseluruhannya menggunakan sistem play and plug sehingga tidak perlu merubah apapun.

Ubahan yang dilakukan diantaranya seperti mengganti cover dan bak cvt bawaan dengan merk Tanutong CNC Billet Thailand, di beberapa bagian juga Ia menggunakan Tanutong mulai dari tutup oli, keongan, tutup handle, dan bracket.

Di beberapa bagian juga Ia menggunakan asesoris Morin untuk foot step, cover kunci dan beberapa bagian yang di combine dengan merk lain seperti pada selang hawa yang di combine dengan Tanutong.

Penggunaan Morin pada beberapa part seperti Thumble Brake, Cover Kunci, Foot Step, dan Selang Udara//Foto: Dok. Wbz//sny-trenzindonesia.com

Penggunaaan merk RSV racing juga Ia lakukan yang di aplikasikan pada thumber brake, arm, stang, bottom shock depan. Sedangkan pada knalpot Ia menggunakan merk SC moto.

Untuk kaki-kaki Rifki menggunakan velg MFZ racing ukuran F 15 x 3.5 inches, R 14 x 4 inches dan Pirelli Diablo Rosso Ia gunakan pada ban dengan ukuran Depan 120/70 rim15, Belakang 150/70 rim14.

Knalpot SC moto//Foto: Dok. Wbz//sny-trenzindonesia.com

Rifky berharap karyanya dapat diterima oleh juri kontes dan yakin bisa memenangkan kontes.
Meskipun telah mengalami banyak ubahan, Rifky meyakinkan bahwa motor milknya masih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Berbagai kegiatan seperti sunmori masih sering Ia lakukan bersama rekan-rekan di komunitasnya, Jakarta Max Owners (JMO).

Shock breaker tabung pada roda belakang menggunakan Pro Fender

“Untuk penggunaan dalam kota sehari-hari motor ini masih sangat nyaman,” ujarnya.
Ubahan modifikasi tidak banyak merubah hal-hal penting seperti handling, sistem pengereman, akselarasi, dan kaki-kaki.

“Cuma jadi lebih ceper saja dari kondisi motor standar nya. Saya tidak menyarankan motor modifikasi dipakai untuk turing jarak jauh, resikonya terlalu banyak,” tukasnya.

Velg MFZ racing dan ban Pirelli Diablo Rosso//Foto: Dok. Wbz//sny-trenzindonesia.com

Kondisi jalan rusak dan berlubang bisa menjadi kendala besar bagi motor modifikasi.

Jika sudah rusak repot mencari sparepartnya terlebih kejadiannya didaerah terpencil dan jauh dari kehidupan warga sekitar.

Berikut kami lampirkan foto-foto Yamaha XMax 250 Connected Rifky Hidayat yang dihimpun oleh tim redaksi trenzindonesia.com, beberapa diantaranya diperoleh dari narasumber.

***[wbz]

Galery Foto:

Avatar

Sonny Wibisono

About Author

Fotographer I Event and Partnership Conceptor I Content Writer I Community Journalist. E-mail: sonnywibzpoenya@gmail.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya