Trenz Indonesia
News & Entertainment

Berkerjasama Dengan Dinkes, Lapas Karang Intan Adakan Serbuan Vaksin Covid 19

77

Karang Intan, Trenz News | Sebanyak 300 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP)  ikuti program vaksinasi guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid19) khususnya di lingkungan lapas dan rutan di Wilayah Kanwil KemenkumHAM Kalimantan Selatan.

Giat vaksinasi ini yang diberikan merupakan dosis pertama yang diadakan berkat kerjasama Lapas Karang Intan dengan UPT Puskesmas Karang Intan 1, Dinkes) Kabupaten Banjar,  Sabtu (18/9/2021).

Kepala Lapas (Kalapas) Karang Intan, Wahyu Susetyo menerangkan kegiatan vaksinasi ini ikhtiar untuk memberikan perlindungan bagi warga binaan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid19 di dalam lapas.

“Kegiatan ini ikhtiar kita dalam memberikan perlindungan bagi warga binaan yang ada di dalam, karena kita masih belum tahu sampai kapan pandemik ini akan berakhir. Bekerjasama dengan Dinkes Banjar khusus nya UPT Puskesmas Karang Intan 1 selaku pelaksana, maka terselenggaralah vaksinasi bagi warga binaan, yang memang sudah lama kita nantikan,” jelasnya.

Lanjut Wahyu, pelaksanaan vaksinasi ini diikuti sebanyak 300 orang WBP, dan mayoritas berstatus tahanan pendamping (tamping) dan warga binaan yang memiliki data kependudukan berupa NIK.

“Karena kegiatan vaksinasi ini terbatas hanya 300 dosis, maka warga binaan yang diikutkan sebagian besar mereka yang berstatus sebagai tamping, baik tamping pekerja maupun tamping blok. Juga warga binaan yang memiliki NIK, pada sistem database pemasyarakatan yang kita miliki. Dan telah terintegrasi dengan data Dukcapil Kemendagri,” tambah Wahyu.

Sebelum ikuti vaksinasi, WBP terlebih dahulu mengisi formulir skrining kesehatan yang disediakan petugas, untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah dan suhu tubuh. Jika dinyatakan sehat, kemudian dilanjutkan penyuntikan vaksin.

Dokter Ika dari Puskesmas Karang Intan 1, berharap  kegiatan vaksinasi ini akan menimbulkan kekebalan pada diri  WBP menghadapi Covid19.

“Pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan baik, warga binaan sangat antusias, sehingga mereka turut serta membantu proses penganggulangan Covid-19. Kami berpesan, meskipun mereka sudah divaksin, namun tetap harus menjaga protokol kesehatan. Dan dari vaksin ini diharapkan muncul imunitas bagi diri masing-masing warga binaan,” harapnya.

Sementara, Mukni WBP yang mengikuti vaksinasi Covid19, dirinya mengaku senang bisa ikut partisipasi di kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan dan dia berharap selalu sehat selama menjalani pembinaan.

“Senang bisa berpartisipasi pada kegiatan vaksin, harapannya supaya semua warga binaan yang menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan tetap sehat hingga bebas nanti,” tukasnya.

Pada giat vaksinasi tersebut, hadir Kapolsek Karang Intan, Ipda Ramadhan yang ikut meninjau pelaksanaan serbuan   vaksinasi Covid-19 di Lapas Narkotika Karang Intan. (DK) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.