Trenz Indonesia
News & Entertainment

Desa Gunung Mekar Gelar Santunan Anak Yatim Piatu Di PonPes Miftahul Huda Gunung Mekar, Lampung Timur

Sambut Tahun Baru Islam 1442 H

145

Lampung Timur, Trenz News | Turut menyambut tahun baru Islam, Desa Gunung Mekar, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Provonsi Lampung, secara rutin senantiasa menghelat kegiatan keagamaan dan santunan anak yatim piatu di setiap tahunnya.

Tahun ini, 1442 H, santunan anak yatim digelar di halaman masjid Yayasan Ponpes Miftahul Huda, Desa Gunung Mekar, Lampung Timur, belum lama ini. Ada 15  anak yatim piatu yang terdata yang diberikan santunan.

Ketua panitia sekaligus atas nama Kepala Desa Gunung Mekar Edi Prayitno menyatakan, tentunya acara santunan ini berjalan atas semangat persatuan dan gotong royong warga Gunung Mekar, seperti jamaah ibu muslimat, dan lainnya.

Kepala Desa juga tak pernah henti menghimbau supaya warganya tetap memperhatikan protokol kesehatan pada masa new normal ini.

Hadirnya Ustad Haikal dari Jakarta dan keberadaan KH Umar Charis, semakin menyemarakan acara tersebut.

KH Umar Charis Bin Kyai Ahmad Dahlan Mursyid

Untuk diketahui, KH Umar Charis atau lengkapnya KH Umar Charis Bin Kyai Ahmad Dahlan Mursyid merupakan salah satu tokoh agama, sekaligus Mursyid Thoriqoh Qadiriah Wanaqsabandiyah serta salah satu pengurus Nahdhatul Ulama di Kab Lampung Timur.

Silsilah nasab kemursyidan KH Umar Charis adalah dari Syeckh Achmad Chalwani Berjan, dari Syech Nawawi Berjan, dari Syech Sidiq Berjan, dari Syech Zarkasy Berjan, dari Syech Abdul Karim Albantani, dari Syech Ahmad Khotib Bin Abdul Gofar Sambas Kalimantan, hingga sampai ke Kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Pondok pesantren Miftahul Huda sendiri merupakan ponpes salafiyah yang diasuh oleh Kyai Muhajir Spd,i Bin Kyai Ahmad Dahlan dan Ibu Nyai Nur Aisyah Alhafidhoh.

Yayasan Ponpes Miftahul Huda ini beralamat di Desa Gunung Mekar, Kec Jabung Kab Lampung Timur. Saat ini jumlah santri putra putri TPA Dan TPQ kurang lebih 200 santri, dan santriwati program khusus Tanfidhul Qur,an / menghafal Kitab Alquran 30 juz ada 25 santriwati yang bermukim di asrama putri.

Di pesantren ini selain pendidikan tanfidhul quran juga ada tarbiyah seperti ilmu tajwid, fiqih, nahwu sorof, kitab kuning dan lainnya.

“Khusus untuk muamalah, Ilmu thoriqoh dan khususiyah serta istiqhosah, dibina dan dibaiat oleh KH Umar Charis,” ujar Kyai Muhajir Spd,i.

Ustad Haikal

Sementara, dalam tausyahnya, Ustad Haikal mengajak seluruh umat Islam agar selalu menjaga ukhuwah Islamiyah dan berharap semoga di bulan Muharam ini, kita semua selalu mendapat maunah dari Gusti Allah SWT. (Fjr) | Foto: Istimewa

Leave A Reply

Your email address will not be published.