Edutainment News Trenz Corner

Keprihatinan Terhadap Kondisi Museum Perdjoangan Bogor

Keprihatinan Terhadap Kondisi Museum Perdjoangan Bogor

Bogor, Trenzindonesia | Museum Perdjoangan Bogor, yang terletak di Jalan Merdeka, Bogor, menyimpan banyak bukti sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Keprihatinan Terhadap Kondisi Museum Perdjoangan BogorDi museum ini, pengunjung dapat menemukan berbagai artefak bersejarah seperti jubah pejuang dengan senjata tradisional Bambu Kuning, berbagai jenis senjata, hingga pistol yang tersimpan rapi di lemari kaca yang sudah termakan usia.

Keprihatinan Terhadap Kondisi Museum Perdjoangan BogorNamun, kondisi museum ini mendapat perhatian dan kritik dari para pengunjung. Salah satunya adalah seorang ibu yang berkunjung bersama anaknya yang bersekolah di SMPN 9 Kota Bogor. Dalam wawancara dengan tim trenzindonesia.com, ia menyampaikan keprihatinannya, “Sangat disayangkan keberadaan museum ini kok seperti bukan museum. Coba dirasakan, kok museum gelap seperti ini? Seharusnya dibutuhkan penerangan yang cukup, jangan gelap seperti ini mirip gudang. Dan lemari kaca untuk penempatan barang bukti sejarah kurang mendukung.”

Ia juga menambahkan, “Saya mewakili orang tua murid dari anak saya sendiri, kalau bisa pemerintah kota Bogor jangan terlalu banyak program pencitraan saja, harusnya konsen juga dengan keprihatinan keberadaan Museum Perdjoangan Bogor ini. Juga untuk ketua dan anggota DPRD kota Bogor harus bisa diagendakan program kerja fokus kepada pembiayaan pemeliharaan bangunan ini.”

Upaya Pemeliharaan oleh Kang Beny

Dalam upaya menjaga kelangsungan Museum Perdjoangan Bogor, Kang Beny, yang sehari-hari mengurus museum tersebut, menjelaskan bahwa dirinya berusaha mencari para donatur yang peduli serta mengandalkan sumbangan sukarela dari pengunjung. “Untuk mengurus kelangsungan berjalannya museum ini, saya berusaha mencari para donatur yang konsen saja juga uang dana pengunjung serelanya. Kalau dari pemerintah pemkot Bogor, alhamdulillah belum ada,” ungkap Beny.

Benyberharap agar pemerintah setidaknya memberikan keringanan untuk pembayaran keperluan listrik dan air. “Ya, paling tidak kami diberikan keringanan untuk pembayaran keperluan listrik dan air,” harapnya. Dengan nada penuh harapan, Beny menandaskan, “Inilah kerja keras kami untuk mengurus keberadaan Museum Perdjoangan Bogorini.”

Keprihatinan Terhadap Kondisi Museum Perdjoangan BogorPentingnya Perhatian Pemerintah

Kondisi Museum Perdjoangan Bogor ini mengundang keprihatinan dari berbagai pihak. Penting bagi pemerintah kota Bogor dan para anggota DPRD Kota Bogor untuk memberikan perhatian lebih terhadap pemeliharaan museum ini. Sebagai tempat yang menyimpan banyak bukti sejarah perjuangan bangsa, museum ini seharusnya menjadi prioritas dalam program kerja pemerintah. Dengan kondisi yang lebih baik, Museum Perdjoangan Bogor tidak hanya akan menjadi tempat edukasi yang layak tetapi juga bisa menjadi daya tarik wisata sejarah bagi masyarakat luas. (Igon/Fjr)

 

 

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya