Trenz Indonesia
News & Entertainment

Lu Keren Tanpa Narkoba

388

Jakarta, Trenz Video I Badan Narkotika Nasional mencatat, 25 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah generasi milenial. Itu data tahun 2019. Realitas tersebut, tentulah mengkhawatirkan. Karena, generasi milenial sangat diharapkan, untuk meningkatkan daya saing bangsa ini. Nah, apa jadinya, jika sebagian generasi milenial tersebut, sudah rusak oleh narkoba?

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, generasi milenial telah menjadi target penting para bandar narkoba. Artinya, para bandar tersebut telah beraksi sejak dini, di segmen anak muda. Kita tahu, populasi kalangan muda kita ini, tumbuh pesat. Nah, di segmen market yang gemuk tersebut, mereka beraksi.

Kondisi yang mengkhawatirkan itu, diungkapkan Komjen Pol. Heru Winarko, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) di sela-sela peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019, di Jakarta, pada Rabu (26/06). Untuk menyelamatkan generasi milenial, BNN pun merancang program pencegahan, yang khusus menyasar generasi milenial.

Pada Selasa (03/12), program untuk generasi milenial tersebut, disosialisasikan kepada media. Termasuk, kepada komunitas bloger. Sosialisasi itu merupakan kelanjutan dari uji-coba yang telah dilakukan sebelumnya di Bandung, Jawa Barat, dan Malang, Jawa Timur.

Program itu diberi nama REAN.ID. Itu singkatan dari Rumah Edukasi Anti Narkoba (REAN). Ini merupakan platform digital, yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi generasi milenial, untuk berekspresi. Baik ekspresi dalam wujud tulisan, foto, video, maupun seni grafis.

Hal itu dipaparkan Deputi Pencegahan BNN, Drs. Anjan Pramuka Putra, SH, M.Hum, saat memberikan sambutan di Fave Hotel PGC, Jakarta Timur, pada Selasa (03/12) lalu. Pada kesempatan itu, Direktur Informasi dan Edukasi Deputi Bidang Pencegahan BNN, Drs. Purwo Cahyoko, M.Si., mempresentasikan REAN.ID kepada jurnalis media dan blogger.

Selain Purwo Cahyoko, tampil pula dua narasumber: Yova Ruldeviyani S.Kom selaku dosen Fakultas Ilmu Komputer dari Universitas Indonesia dan Leonardi Amil, selaku pakar media sosial. Ketiga tokoh di atas membuka ruang diskusi dengan jurnalis media dan bloger yang hadir, untuk pengembangan REAN.ID sebagai platform digital.

Langkah cepat Badan Narkotika Nasional (BNN) masuk ke ranah digital, tentu patut kita apresiasi. Setidaknya, ini menjadi salah satu jalan untuk mendekatkan BNN dengan generasi milenial. Menurut saya, langkah BNN berikutnya, adalah melibatkan para content creator untuk menarik minat generasi milenial, agar mereka tertarik memanfaatkan platform REAN.ID.

Content creator yang kreatif, tentulah memiliki beragam strategi, hingga mereka mampu mem-branding platform REAN.ID, melalui berbagai konten yang mereka ciptakan. Kita tahu, untuk merangkul generasi milenial, dibutuhkan strategi yang kreatif.Content creator yang kreatif, tentulah memiliki beragam strategi, hingga mereka mampu mem-branding platform REAN.ID, melalui berbagai Konten yang mereka ciptakan. Kita tahu, untuk merangkul generasi milenial, dibutuhkan strategi yang kreatif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.