Trenz Indonesia
News & Entertainment

Media Adalah Modal Penting Mencari Solusi Permasalahan Bangsa

KASAD AWARD 2023

105

JAKARTA, Trenzindonesia | Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, menyampaikan bahwa media yang peduli terhadap permasalahan Human Security merupakan modal penting bagi bangsa Indonesia dalam mencari solusi masalah-masalah kemanusiaan dan keindonesiaan.

Media Adalah Modal Penting Mencari Solusi Permasalahan BangsaHal ini diungkapkannya pada acara KASAD Award 2023 yang berlangsung di Aula A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, pada Senin (10/7/2023).

Media Adalah Modal Penting Mencari Solusi Permasalahan BangsaAcara dengan tema “Bersama Merawat Kebangsaan” ini menjadi wadah bagi TNI AD untuk menghargai dan memberikan apresiasi kepada media online yang memberikan perhatian pada sepuluh isu strategis yang telah ditetapkan. Kesepuluh isu tersebut juga merupakan program prioritas pemerintah yang penting bagi bangsa dan masyarakat Indonesia saat ini. Adapun kesepuluh isu strategis tersebut adalah sebagai berikut:

Keberagaman dan Toleransi

Melawan Radikalisme

Pengarusutamaan Gender (PUG)

Inovasi Digital

Solidaritas Internasional

TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat

Pembangunan di Daerah 3T

Perlindungan Anak

Menekan Stunting

Pelestarian Kebudayaan

Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menjelaskan bahwa penghargaan KASAD Award 2023 diberikan kepada media online yang telah memenuhi aspek kelengkapan informasi, variasi penyajian, isi konten yang berimbang, serta berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat. Ia juga menyebutkan kemungkinan untuk melibatkan media cetak, televisi, dan radio pada segmentasi media yang dinilai di masa depan.

Pada proses seleksi, panitia KASAD Award 2023 menerima sekitar 3 juta artikel dari 221 media yang mengangkat isu-isu sesuai kategori yang telah ditentukan sejak Mei 2022 hingga Mei 2023. Artikel-artikel tersebut kemudian disaring berdasarkan verifikasi nama perusahaan media oleh Dewan Pers (kecuali media kampus) dan kuantitas pemberitaan terkait isu-isu strategis tersebut. Setelah proses seleksi, terdapat 72 media yang masuk ke tahap final dengan total 2.030 artikel yang dinilai oleh dewan juri KASAD Award. Pada akhirnya, 24 media berhasil meraih penghargaan KASAD Award 2023 dengan perincian sebagai berikut:

 

Kategori Keberagaman dan Toleransi:

Media Nasional: Kompas.com

Media Daerah: Nu.or.id

Media Kampus: Suarausu.or.id

Kategori Melawan Radikalisme:

Media Nasional: Tempo.co

Media Daerah: Nu.or.id

Media Kampus: Pabelan-online.com

Kategori Pengarusutamaan Gender:

Media Nasional: Tempo.co

Media Daerah: Solopos.com

Media Kampus: Balairungpress.com

Kategori Inovasi Digital:

Media Nasional: Kontan.co.id

Media Daerah: Klikwarta.com

Media Kampus: Gelorasriwijaya.co

Kategori Solidaritas Internasional:

Media Nasional: Cnnindonesia.com

Media Daerah: Koran-jakarta.com

Kategori TNI AD di Tengah Kesulitan Rakyat:

Media Nasional: Liputan6.com

Media Daerah: Radarsolo.jawapos.com

Kategori Pembangunan di Daerah 3T:

Media Nasional: Antaranews.com

Media Daerah: Padek.jawapos.com

Kategori Perlindungan Anak:

Media Nasional: Idntimes.com

Media Daerah: Suaramerdeka.com

Kategori Menekan Stunting:

Media Nasional: Republika.co.id

Media Daerah: Timesindonesia.co.id

Kategori Pelestarian Kebudayaan:

Media Nasional: Kumparan.com

Media Daerah: Krjogja.com

Media Adalah Modal Penting Mencari Solusi Permasalahan BangsaDewan juri KASAD Award terdiri dari tujuh tokoh yang ahli di bidang masing-masing. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, pejabat negara dan instansi, pejabat utama TNI dan Polri, pemuka agama, serta puluhan Pemred media massa. Kartika Symphoni Orchestra TNI AD turut memeriahkan acara tersebut dengan penampilan musik mereka. (PR – Ian Rasya / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.