Trenz Indonesia
News & Entertainment

Mengenang Mendiang Bang Hance Lewat Cerita, Lagu dan Puisi

Para Sahabat Berbagi Testimoni Mengenai Almarhum di “Kandang Ayam”

594

Dunia kewartawanan sekaligus hiburan tanah air benar-benar kehilangan sosok wartawan senior Rosihan Kailinto Nurdin yang meninggal dunia di Depok, Jawa Barat pada Sabtu (13/1/2024) kemarin. Almarhum meninggal dalam usia 69 tahun.

Untuk mengenang almarhum yang tak lain merupakan kakak kandung dari Abdee (Abdi Negara), gitaris Slank, sejumlah wartawan, musisi dan artis akan menggelar acara “Mengenang dengan Cerita, Lagu dan Puisi Rosihan K. Nurdin (Bang Hance) 1954 – 2024”.

Acara tersebut akan dilaksanakan di Komunitas Kandang Ayam, Jalan Daksinapati Raya 6 Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2024), mulai pukul 17.00 Wib sampai selesai. Di tempat ini pula almarhum dan rekan-rekan sesama wartawan senior selalu berkumpul dan berdiskusi.

“Almarhum ini orang baik dan sangat santun. Tentu saja kita ingin mengenang Rosihan Kailinto Nurdin dalam pergaulan serta sepak terjangnya di dunia musik dan hiburan Indonesia, khususnya di ibu kota,” terang Erwiyantoro (Toro), sahabat almarhum Rosihan K. Nurdin sekaligus inisiator acara tersebut.

Di mata Toro yang dikenal sebagai salah satu wartawan olahraga senior itu, almarhum Rosihan K. Nurdin atau Bang Hance adalah sosok teladan. Pergaulan lelaki kelahiran Donggala, Sulawesi Tengah itu juga terbilang luas dan lintas generasi.

Mengenang Mendiang Bang Hance Lewat Cerita, Lagu dan Puisi
Mengenang Mendiang Bang Hance Lewat Cerita, Lagu dan Puisi

Toro telah mengenalnya sejak puluhan tahun lamanya ketika mereka sama-sama menimba ilmu jurnalistik di Sekolah Tinggi Publisistik (sekarang IISIP Jakarta). Toro masih tetap bertemu dan berinteraksi hingga di masa-masa terakhir hidup almarhum.

“Beliau ini pergaulannya luas sekali. Ya dengan teman-teman wartawan, promotor musik, juga generasi yang jauh berada di bawahnya, dan dia selalu menjadi panutan,” lanjut Toro.

Saat pemakaman almarhum Bang Hance,Toro menyampaikan keinginan untuk membuat sebuah acara untuk mengenang sahabatnya itu. Pihak keluarga almarhum kemudian mengusulkan kemungkinan membuat sebuah buku berdasarkan testimoni para sahabat Bang Hance.

“Semula niatnya mau membuat acara untuk mengenang Hance dengan teman-teman. Tapi kemudian ada usulan dari keluarga Hance yaitu Abdee, Budi Ace (wartawan) dan salah satu kakak ipar dia di Femina Grup yang ngusulin, bisa nggak Kandang Ayam bikin testimoni-testimoni dari semua unsur-unsur itu (sahabat almarhum) dan nanti dibukukan dan dilaunching pas 40 hari almahum,” jelas Toro seperti dikutip dari www.diberitain.com.

Harapan tersebut mendapat sambutan positif dari sahabat-sahabat Bang Hance. Toro mengatakan, saat ini ia sudah menerima sejumlah draft tulisan berisi testimoni sejumlah sahabat Bang Hance untuk dibukukan.

“Sebagian penulis sudah ada yang setor testimoni mereka dalam bentuk tulisan, ada sekitar 7 orang. Saya sudah minta di-lay out cover bukunya dan sudah jadi. Saya berharap Pak Rahayu Kertawiguna dari NAGASWARA yang jadi sahabat beliau juga mau membuat testimoninya, minimal mau hadir di acara tersebut,” tambah lelaki yang punya akun YouTube Cocomeo Channel itu.

Toro menambahkan, sejumlah nama besar di dunia hiburan Indonesia, termasuk Iwan Fals, promotor Sofyan Ali, Endol Geoffary, Koko Deteksi, Ian Antono, Once Mekel, gitaris Totok Tewel direncakan akan datang dalam agenda mengenang almarhum Bang Hance pada Jumat (19/1/2024) mendatang.

Semasa hidupnya Bang Hance menghabiskan waktunya dengan berkarir di dunia kewartawanan. Ia antara lain tercatat pernah berkarir di Majalah Gadis (1987-1995) dan menjadi Produser Audio Visual di Femina Group (1996-2008).

Bang Hance dikenal dekat dengan artis Dessy Ratnasari, Dian Sastrowardoyo, Jihan Fahira dan Anggun C. Sasmi. Saat disemayamkan di kediamannya di Depok, Dessy Ratnasari menyempatkan diri untuk datang bertakziah. Sejumlah musisi dan tokoh terlihat ikut mengantar almarhum ke peristirahatannya yang terakhir.

Di NAGASWARA, Bang Hance juga kerap menjadi moderator acara musik, terutama launching dan perkenalan artis atau lagu. Meski saat itu usianya terbilang tidak muda lagi, Bang Hance tetap terlihat semangat dan berapi-api ketika berbicara soal musik.A3

Mengenang Mendiang Bang Hance Lewat Cerita, Lagu dan Puisi
Mengenang Mendiang Bang Hance Lewat Cerita, Lagu dan Puisi

Leave A Reply

Your email address will not be published.