Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pangkostrad Hadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Di Monas

84

JAKARTA, Trenz News | Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. menghadiri  Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan menghadapi Kontijensi yang melibatkan ribuan Prajurit dari berbagai satuan TNI AD secara serentak di jajaran Komando Utama (Kotama/Kodam) di seluruh wilayah Indonesia termasuk didalamnya Prajurit Kostrad. Untuk wilayah Garnizun Ibukota, dilaksanakan di lapangan Silang Monas Jakarta. Rabu (26/10/2022).

Apel Gelar Kesiapsiagaan menghadapi Kontijensi ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Dalam pengarahannya, Kasad mengatakan jika Apel Gelar Kesiapsiagaan memiliki makna yang sangat penting dan strategis sebagai indikator untuk mengukur kesiapsiagaan seluruh satuan TNI AD dalam menghadapi perkembangan situasi atau kontijensi yang mungkin terjadi di wilayah NKRI.

“Apabila setiap satuan dan seluruh Prajurit memiliki kesiapsiagaan yang mantap dan meyakinkan, maka akan menjadi jaminan bagi stabilitas keamanan wilayah Indonesia yang terjaga baik dan kondusif,” ujarnya.

Selanjutnya Kasad menekankan kepada seluruh satuan dan Prajurit TNI AD agar menunjukkan peran, tugas serta fungsinya secara optimal dan maksimal untuk membantu menyukseskan program pemerintah dalam penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, penanganan bencana alam, mencegah dan mengatasi ancaman radikalisme, menjaga netralitas TNI dan ikut menyukseskan penyelenggaraan KTT – G20, serta meningkatkan pelaksanaan ketahanan pangan, stunting dan TNI AD Manunggal Air dalam rangka membantu kesejahteraan masyarakat.

Kasad juga mengingatkan agar setiap Prajurit TNI AD paham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sesuai aturan pelibatan (Rules of Engagement) yang berlaku dan memedomani Tujuh Perintah Harian Kasad.

“Jangan pernah ragu dalam melakukan tindakan yang cepat, terarah dan terukur sesuai Standard Operating Procedure (SOP) maupun aturan yang berlaku lainnya,” pungkas Kasad.

Selain menggelar kesiapsiagaan Pasukan beserta perlengkapannya, juga digelar Alutsista seperti Meriam Caesar, MLRS Astros, Mistral, kendaraan lapis baja Anoa dan kendaraan taktis V-150.

Dalam kegiatan tersebut, Pangkostrad didampingi Asops Kaskostrad berkesempatan menyapa dan berdialog langsung dengan seluruh Prajurit Kostrad sebanyak 829 personel dari Jajaran Divisi Infanteri 1 Kostrad dengan Alutsista yang dikerahkan yaitu dua unit  Meriam Caesar, dua unit Roket Astros dan dua unit Mistral MPCV.

Di akhir pelaksanaan apel tersebut, Kasad berkesempatan menyapa dan berdialog dengan seluruh Panglima Komando Utama (Pangkotama) TNI AD beserta prajuritnya melalui video conference serta makan bersama prajurit dan awak media (Penkostrad).

Leave A Reply

Your email address will not be published.