Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pemerintah Sosialisasikan Tema dan Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

169

JAKARTA, Trenzindonesia | Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menyosialisasikan tema dan logo resmi untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2023. Acara sosialisasi tersebut dilakukan secara daring pada hari Senin (12/06/2023).

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini menggabungkan angka tujuh berwarna merah solid dengan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah. Tema yang diusung dalam logo ini adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju“.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, menjelaskan bahwa logo ini dipilih langsung oleh Presiden RI. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Logo ini mencerminkan kekuatan, stabilitas, kesederhanaan, dan persatuan. Lebih dari itu, logo ini memiliki makna yang mendorong pertumbuhan kolektif, mengajak seluruh elemen bangsa untuk bertanggung jawab bersama, dan bergerak harmonis menuju Indonesia Maju.

Heru Budi Hartono, yang juga merupakan Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, meminta kepada semua kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk secara aktif menggunakan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media yang mereka miliki.

Ia juga mengungkapkan rencana untuk memasang banner dan LED yang menampilkan logo tersebut pada pertengahan bulan Juli, guna memeriahkan bulan Agustus, bulan Kemerdekaan.

Ritchie Ned Hansel, Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), menjelaskan bahwa konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan kelanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus bergerak maju, bertanggung jawab bersama, berdasarkan Pancasila dan gotong royong, serta menuju Indonesia Maju.

Ritchie berharap bahwa nilai-nilai filosofi dan narasi visual yang terkandung dalam logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini dapat menginspirasi seluruh rakyat Indonesia untuk memiliki visi yang lebih baik ke depan dan membangun bangsa yang lebih hebat.

Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menjelaskan bahwa logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Kemenparekraf bersama ADGI.

Setelah proses seleksi, lima desain logo dari anggota ADGI diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Akhirnya, Presiden Jokowi memilih logo yang dirancang oleh Katarina Monika sebagai logo resmi untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Restog menyampaikan bahwa logo ini dipilih oleh Presiden sebagai salah satu logo terbaik dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju“. (setkab.go.id /Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.