Trenz Indonesia
News & Entertainment

Sambut Perayaan Imlek, Warga Cianjur Bersih Bersih Di Vihara Bumi Pharsija

75

CIANJUR, Trenzindonesia | Jelang perayaan tahun Imlek 2574 atau tahun baru China 2023 yang akan diperingati pada hari Minggu 22 Januari 2023 mendatang, warga keturunan Tionghoa Kota Cianjur melaksanakan kegiatan membersihkan Rupang patung Dewa dan Meja Altar Vihara Bumi Pharsija Cianjur, Jawa Barat. (12/1/2023 )

Diawali dengan doa bersama dengan Umat yang hadir yang dipimpin oleh Panditta Suntari, selanjutnya kegiatan bersih bersih di dalam vihara pun dimulai sejak pkl. 09.00 WIB hingga selesai.

Mereka percaya kegiatan dalam memandikan beberapa rupang patung dewa – dewi dan membersihkan meja altar yang ada di Vihara Bumi Pharsija atau Vihara Hok Tek Bio, dengan menggunakan Air Bunga Staman, maka akan mendatangkan keberkahan bersama bagi Umat Buddhis yang hadir di Vihara.

Odie Susanto, Umat Konghucu, Tri Darma Buddhis, yang ikut terlibat dalam kegiatan bersih – bersih Vihara, mengaku mendapat Undangan dari panitia acara guna turut mengikuti acara membersihkan patung dewa – dewi menjelang Imlek

Odie percaya, Kegiatan tersebut dapat mendatangkan berkah , kesehatan, kerukunan, kedamaian, dan anugerah yang tak ternilai.

”Kami Berharap, Imlek Tahun ini mendatangkan ketentraman, kedamaian, suka cita, khususnya Kota Cianjur yang terkena Gempa Bumi.”, ujar Odie Susanto.

“Semoga Pemda Jabar segera dapat membantu pemasalahan warga Cugenang yang terkena musibah rumahnya roboh akibat gempa bumi, agar rumahnya dapat di bangun kembali sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal di pengungsian ” imbuhnya,  kepada trenzindonesia.com ( 12/01/2023 )

Sementara Panditta Suntari (Rohaniwan) asal Jawa Barat, mengatakan, ritual membersihkan Kimsin atau patung Dewa – Dewi ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan menjelang Imlek menyambut Tahun Kelinci. Pemandian Patung Dewa – Dewi di Vihara Bumi Pharsija, dilaksanakan lebih awal di bandingkan dengan mayoritas kegiatan di Vihara lainnya. Menurutnya kegiatan memandikan Rupang patung di gelar saat acara kenaikan Dewa – Dewi ke Nirwana

“Sehat jasmani dan rohani, beramal banyak, buat kebajikan, banyak rejeki, biar bisa tolong orang yang membutuhkan, maju dalam Dharma”, tutup Panditta Suntari. (Sumber : Vihara Bumi Pharsija/Fjr) | Foto: Dok. Odie Susanto

Leave A Reply

Your email address will not be published.