Trenz Indonesia
News & Entertainment

Tingkatan Kemampuan Prajurit, Yonzipur 10 Kostrad Latihan M3I Amphibious Pontoon di Waduk Karang Kates

200

MALANG, Trenz News |  Batalyon Zeni Tempur 10 Kostrad melaksanakan latihan M3I, bertempat di waduk Karang Kates Malang, Jawa Timur. Jumat (11/11/2022).

Kendaraan tempur berupa M3I Amphibious Pontoon ini buatan perusahaan Excalibur International asal Ceko yang mendapat lisensi dari General Dynamics European Land Combat Systems. Fungsi utama dari alat ini yakni sebagai alat penyeberangan kendaraan tempur dan pasukan di dalam peperangan. Terdapat delapan unit kendaraan M3 Amphibious Pontoon yang digunakan dalam latihan ini. Jika disambungkan menjadi jembatan maka panjangnya bisa mencapai 100 meter.

Dalam latihan ini, Yonzipur 10 Kostrad melibatkan 106 orang prajurit dan dipimpin Kapten Czi Iswantoro, diantaranya adalah Pilot, Driver dan Operator yang mengoperasikan  kendaraan M3I Amphibious Pontoon dan Kendaraan Pendukung Seperti Tatra, Pandur dan Found Trackway. Sebelum melaksanakan penyambungan Jembatan langsung ke Sungai, seluruh personel melakukan manuver terlebih dahulu dengan tujuan pengenalan alat sehingga para personel mampu menguasai pengoperasian alat tersebut.

Latihan ini berlangsung selama 3 hari, tujuan dari latihan ini tidak lain untuk peningkatan kemampuan mengoperasikan kendaraan tersebut dengan metode teori dan praktek. Dengan begitu para prajurit harus dapat dan mampu menguasai Alutsista M3I Amphibious Pontoon karna kedepan akan ada Alutsista yang lebih canggih lagi.

Di samping melaksanakan latihan, Batalyon Zeni Tempur 10/JP/2 Kostrad juga mengadakan kegiatan Bakti Sosial dalam rangka wujud rasa syukur telah diberi kelancaran dan keselamatan pada pelaksanaan kegiatan latihan Amphibious Pontoon dan kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa persaudaraan, meningkatkan rasa kepedulian sosial, menumbuhkan rasa syukur serta akan lebih dihargai oleh masyarakat. (Penkostrad).

Leave A Reply

Your email address will not be published.