Trenz Indonesia
News & Entertainment

Warga Indonesia dan Malaysia Meriahkan Hut RI ke-78 dengan Pameran Tamadun Dua Bangsa”

188

Malaysia, Trenzindonesia.com | Dalam semangat persaudaraan dua negara, Indonesia dan Malaysia, masyarakat berkumpul di Dewan Belia Lebuh Acheh, 10450 George Town, Pulau Pinang, Malaysia, pada Sabtu, 19 Agustus 2023, untuk merayakan “Sempena Sambutan Hari Kemerdekaan 2023.”

 

Acara yang diselenggarakan oleh MFS Production Sdn. Bhd Penang Malaysia bekerjasama dengan Sanggar Humaniora Kota Bekasi Indonesia ini mengusung tema “Film Kita Dalam Tamadun Dua Bangsa: Indonesia dan Malaysia.”

Dalam acara ini, bendera simbol negara kedua bangsa dikibarkan sambil mengumandangkan lagu kebangsaan Malaysia dan Indonesia. Sebagai bagian dari perayaan, diskusi mengenai hubungan budaya dan kesenian antara kedua negara juga diadakan.

Para narasumber, termasuk sineas dan aktris dari Malaysia dan Indonesia, membahas pentingnya mempertahankan akar budaya dalam perkembangan dunia film.

Acara ini juga menampilkan berbagai kegiatan hiburan, seperti live music, performance dari Penneo Band, ajang pencarian bakat akting dan menyanyi, serta pertandingan dengan undian hadiah menarik. 

Ratusan orang dari berbagai kalangan turut meriahkan acara ini, termasuk pejabat pemerintah Indonesia dan tokoh-tokoh penting dari kota tersebut.

Eddie Karsito, seorang budayawan Indonesia, menyebut pentingnya mengintegrasikan budaya dalam industri film agar dapat bersaing dan memiliki karakter yang kuat. 

Ia juga menekankan bahwa menghargai akar budaya bangsa sangat penting mengingat pengaruh budaya luar masih mendominasi sebagian masyarakat.

Sophilea dari Malaysia berharap acara ini dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang perfilman dan memperluas kerjasama antara insan film Malaysia dan Indonesia. Ia juga mengumumkan rencana untuk memproduksi film dengan kolaborasi artis dari kedua negara.

Yati Surachman, aktris film Indonesia, menganggap film sebagai alat diplomasi budaya yang kuat, mampu mengubah persepsi publik terhadap suatu negara.

Ia menyoroti pentingnya menyebarkan pemahaman dan harmoni melalui pengenalan budaya.

Direktur Utama MFS Production Sdn. Bhd, Seroja Sartika, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung acara ini dan berharap kegiatan ini menjadi awal yang baik untuk event-event masa depan. 

Acara ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga hubungan budaya dan kesenian sebagai landasan untuk memperkuat persaudaraan antara Indonesia dan Malaysia.

 

 

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.