Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pasar Cipanas Bakal Dilibas Plaza dan Mall

258

Cipanas,Trenz Corner |Mari kita cermati Pasar Cipanas kini. Pertama, akses kendaraan untuk masuk ke Pasar Cipanas, ribet. Pintu masuknya sempit dan menjadi lebih sempit karena para pedagang kaki lima berjejal memenuhi pelataran pasar. Kedua, tidak ada pintu gerbang yang lapang, yang menjadi penanda bahwa itulah pintu masuk utama bagi kendaraan memasuki area pasar. Kedua hal tersebut menjadi indikator bahwa Pasar Cipanas tidak welcome untuk menyambut kedatangan pengunjung.

Selain itu, spanduk bertebaran, bergantungan di dinding bangunan pasar. Itu membuat Pasar Cipanas nampak kumuh, yang tentu saja menurunkan minat pengunjung untuk datang.

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang terhubung langsung dengan Pasar Cipanas, kondisinya sungguh mengenaskan. Spanduk bergelantungan di sana, nyaris tanpa penataan. Lantai JPO pun tidak terawat. Di beberapa bagian sudah terkelupas. Bahkan, di sejumlah bagian, JPO sudah berkarat.

Kondisi Pasar Cipanas tentulah akan semakin terpuruk, jika pasar modern kelak dibangun di sekitarnya. Kita tahu, pada Kamis (16/01/2020) lalu, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, telah melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan City Plaza Cipanas di Jalan Raya Cipanas 168, Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Lokasi mal City Plaza Cipanas tersebut relatif berdekatan dengan Pasar Cipanas. Menurut saya, target konsumen Pasar Cipanas dan City Plaza Cipanas, tentulah berbeda.

Meski berbeda target konsumen, prediksi saya, akan ada sejumlah konsumen Pasar Cipanas yang akan beralih berbelanja ke City Plaza Cipanas kelak. Artinya, konsumen Pasar Cipanas bakal tergerus. Menyusut. Otomatis putaran transaksi ekonomi di pasar rakyat itu pun akan berkurang. Imbas pertama tentulah bakal menimpa para pedagang di sana. Imbas kedua, kontribusi Pasar Cipanas terhadap pendapatan Pemda Cipanas, juga akan menurun.

Apa strategi pemangku kepentingan di Cipanas khususnya dan di Cianjur umumnya, agar dinamika perdagangan di Pasar Cipanas tidak menyusut? Apa langkah para pemangku kepentingan di wilayah tersebut, agar Pasar Cipanas memiliki daya tarik untuk dikunjungi? Sejauh ini, saya belum melihat jawaban atas kedua pertanyaan tersebut. Belum ada pembenahan yang signifikan, untuk menghadapi kehadiran City Plaza Cipanas.

Padahal, City Plaza Cipanas diperkirakan sudah beroperasi menjelang Ramadan tahun 2021. Tanpa pembenahan yang strategis, nasib Pasar Cipanas dan nasib para pedagang di Pasar Cipanas, tentulah bakal mengenaskan. Cepat atau lambat, mereka akan dilibas oleh persaingan, karena tidak punya kekhususan untuk bersaing. Nah, apakah Pemda Cianjur akan membiarkan mereka tersia-sia? (Foto: Google.co.id)

Leave A Reply

Your email address will not be published.