Trenz Indonesia
News & Entertainment

FedEx dan YKAN Dukung Restorasi Mangrove di Indonesia

192

Jakarta, Trenzindonesia | FedEx Express (FedEx), anak perusahaan dari FedEx Corp. dan salah satu perusahaan transportasi terbesar di dunia, telah mengumumkan kemitraannya dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dalam sebuah program restorasi mangrove yang bertujuan memulihkan 10 hektar area mangrove di Bengkalis, Provinsi Riau.

FedEx dan YKAN Dukung Restorasi Mangrove di IndonesiaSebagai bagian dari program keterlibatan komunitas global FedEx Cares, sebanyak 30 sukarelawan dari FedEx berpartisipasi dalam kegiatan menanam 70 pohon mangrove di Pusat Ekowisata Mangrove, Jakarta Utara, pada Hari Bumi. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Bulan Relawan Global pada bulan April, yang mendorong anggota tim FedEx untuk bersatu dalam kampanye ‘Drive Forward. Give Back’ dengan menjadi sukarelawan dan melakukan berbagai aksi kepedulian.

Garrick Thompson, Managing Director FedEx Express Indonesia, menyatakan, “Berkomitmen untuk Berbuat Kebaikan adalah nilai budaya yang penting. Di FedEx, kami memberdayakan anggota tim kami untuk memberikan dampak positif kepada komunitas lokal melalui upaya mendukung keberlanjutan. Semangat kesukarelaan yang kuat di antara anggota tim adalah bagian dari DNA kami, dan hal ini berkontribusi dalam menjadikan FedEx tempat kerja yang sangat baik. Kami bangga dengan anggota tim kami yang secara sukarela meluangkan waktu mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.”

Dirja Kusumah, Kepala Bagian Kehutanan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta, menambahkan, “Selain menjaga keseimbangan suhu akibat perubahan iklim, mangrove juga dapat meningkatkan kualitas ekologi di Jakarta.”

Studi terbaru menunjukkan bahwa hutan bakau dan lahan basah pesisir dapat menangkap karbon dari atmosfer sepuluh kali lipat tingkat tahunan hutan tropis dewasa1. Indonesia memiliki kawasan hutan bakau terbesar di dunia2, wilayah yang luas ini mewakili 20 persen hutan bakau dunia3. Keberadaan hutan bakau yang sehat di wilayah pesisir sangatlah penting karena dapat meningkatkan ketahanan masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak bencana alam seperti tsunami, badai, dan gelombang laut.

YKAN telah aktif berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan strategi terpadu untuk restorasi mangrove, yang telah diterapkan di berbagai provinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Timur,” ungkap Pricilla Christin, Direktur Komunikasi YKAN. Beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan FedEx yang terus berlanjut terhadap upaya konservasi mangrove YKAN sejak tahun 2022.

FedEx menargetkan untuk mencapai netral karbon pada tahun 2040 dan memajukan objektivitas lingkungannya melalui inovasi, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat untuk bertindak secara berkelanjutan. Pelajari lebih lanjut di fedexcares.com. (PR/Fjr) | Foto: Istimewa

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.