Fashion Lifestyle News

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur

Interpretasi Unik Tema “Victorian Splendor”

Malang, Trenzindonesia |Euforia peserta utamanya dikalangan desainer begitu antusias dalam menyambut gelaran akbar VOI Fashion Day 2024 dengan tema “Victorian Splendor,” yang dihelat secara spektakuler di Auditorium Lantai 7, Malang Creative Center, Minggi, 7 Juli 2024.

Edisi ke-6 dari acara fashion tahunan ini tidak hanya menjadi ajang bagi para desainer senior tetapi juga menampilkan karya-karya dari tiga desainer muda yang baru merintis karir. Ketiga desainer muda tersebut adalah siswi dari SMKN 2 Lumajang, SMKN 7 Malang, dan SMKN 3 Blitar.

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur
SMKN 2 Lumajang

Masing-masing desainer muda tersebut menginterpretasikan tema “Victorian Splendor” dengan caranya sendiri, namun tetap mempertahankan benang merah yang selaras dengan tema utama. Perwakilan dari SMKN 2 Lumajang, misalnya, mengangkat tema “Elegance in Edwardian” yang terinspirasi dari keanggunan era Edward di Britania Raya. Karyanya menampilkan rok panjang, korset, serta detail rampel dan renda, dilengkapi dengan aksesoris sarung tangan dan bando, menggunakan material elegan seperti satin, brokat, dan tile.

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur
SMKN 7 Malang

Sementara itu, SMKN 7 Malang mengusung koleksi berjudul “RADIAN” yang terinspirasi dari permainan kelereng dengan sentuhan feminin dan Bohemian style, didominasi oleh warna cerah. Koleksi ini sekaligus menjadi nostalgia akan permainan tradisional anak-anak yang kini banyak ditinggalkan. SMKN 3 Blitar memilih tema busana kerajaan yang dikenakan oleh kalangan ningrat, menyesuaikan dengan tema besar VOI Fashion Day 2024.

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur
SMKN 3 Blitar

Proses dari pencarian tema, sketsa, hingga eksekusi menjadi beberapa busana harus rampung dalam waktu singkat. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi tiga desainer muda ini untuk menunjukkan visi mereka dengan baik dalam tenggat waktu tersebut. VOI Fashion Day 2024 menjadi medium pertama bagi mereka untuk menampilkan bakat dalam skala besar, memberikan banyak pelajaran tentang analisa desain, teknik menjahit, mencocokkan elemen desain, menampilkan inovasi sesuai selera pasar, hingga dokumentasi karya dalam bentuk digital maupun cetak.

“Kami memiliki mimpi agar pada VOI Fashion Day 2024 kami bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu kecakapan sebagai desainer yang dapat mewujudkan koleksi busana dan menampilkannya pada event runway lain di masa depan,” ungkap perwakilan dari SMKN 2 Lumajang. Ajang ini juga diharapkan membuka gerbang jejaring antara desainer muda dan senior dari berbagai daerah di Jawa Timur, yang berujung pada pertukaran ilmu yang bermanfaat.

VOI Fashion Day 2024: Panggung Reuni dan Debut Desainer Muda Jawa Timur

Berikut adalah daftar lengkap desainer yang berpartisipasi dalam acara VOI Fashion Day 2024:

Metamorph by Zack (Malang)

Nenz3yo (Malang)

Wtama by Didik (Malang)

Ningrat by Naeos x Jorel (Malang)

Omah Jahit Fir (Malang)

Winda STINNEE (Jember)

Ridwan Syaifulloh (Kab. Malang)

NANTI by Kinan (Malang)

ONA (Malang)

Uchiqu (Malang)

Baswara School SMK Modern Al-Rifaie (Kab. Malang)

Valife by Vano (Malang)

Ardhalano (Malang)

Andre Modelling School (Malang)

EL Outfit by Darel X Lukman (Malang)

SMKN 2 Lumajang (Lumajang)

SMKN 3 Blitar (Blitar)

Migi Rihasalay (Jakarta)

Kiki Mahendra (Tulungagung)

SMKN 7 Malang (Malang)

Febby Antique (Malang)

Torilla Mode by Hany (Malang)

John Cataleya (Malang)

Studio Fitting by Ifan (Malang)

Naeos by Boy Barja (Malang)

ZRIEL CLOTHING (Surabaya)

LYnine by Lukman (Malang)

APBBA – Kabupaten Probolinggo (Probolinggo)

LIVS by Intan Afrie (Malang)

Dengan penuh antusiasme dan kreativitas, VOI Fashion Day 2024sukses menjadi salah satu perhelatan fashion terbesar di Malang Raya. (PR/Fjr) | Foto: Istimewa

Avatar

Fajar Irawan

About Author

Ketua Komunitas Penulis Kota Bogor I Bendahara Umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia I Ketua Silverian '86 Region Bogor I Content Writer I Journalist I Photographer I Vice President Bogor Chapter 'Calon Jenazah Motorcycle Club' I PRESS #GasTipisTipis E-mail: fajar_fireone@yahoo.com Telp / WA: +62 855 740 5555

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya