Trenz Indonesia
News & Entertainment

Pandemi Covid-19 Membuat Ian Antono Berobat ke-10 Dokter. Sakit Apa Gerangan?

322

Jakarta, Trenz Music I Kedekatan musisi gaek, Ian Antono (71thn) – I Gusti Kompiang Raka (74), ditandai lewat kolaborasi penggarapan musik eksperimen untuk suguhan Gong 2000 dalam hajatan BASF Award 1995, di GKJ (Gedung kesenian Jakarta). Tak cukup sampai disini, ‘perkawinan’ musik diatonik-pentatonik dari bilik rekaman, Gong 2000 akhirnya merilis album Bara Timur, dengan format live performance, turut melibatkan sebanyak 18 musisi gamelan dan 32 musisi untuk setting orchestra gamelan besar.

Kini meski masih terganjal pandemi Covid-19, tak menyurutkan duo musisi Ian Antono – I Gusti Kompiang Raka, untuk bisa kembali bekerjasama menelurkan karya musik yang lebih hebat dari sebelumnya.

“Saya dengan Bli Kompyang ingin kembali dengan musik kekinian dan tetap dengan citra rasa Indonesia. Dengan ala musisi Indonesia, biar beda dan menghasilkan karya musik yang dahsyat,” lontar gitaris Godbless yang memiliki nama asli Jusuf Antono Djojo, dirumahnya kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (20/5) siang lalu.

Siang itu, pasangan musisi didapuk menjadi narasumber untuk kanal YuoTube Cakap-Cakap Bens Leo. “Kita mesti membuat musik yang jauh lebih keren, iya kalau tidak lebih keren.  Berarti kita dalam bermusik tidak maju mengikuti perkembangan jaman. Kuta harus kesana (maju),” kilah gitaris yang resmi tergabung pada GodBless tahun 1974 dan bersama Gong 2000 menelurkan album Bara Timur (1991), Laskar (1994), Prahara (1996).

Gayung bersambut. Keinginan Ian Antono langsung ditangkap oleh Kompiang Raka. “Harus bisa terwujudkan dan saya akan membuat kolaborasi musik yang gitarnya Mas Ian Antono,” timpal maestro seni musik tradisional gamelan, tari Bali, dan pendiri Yayasan Saraswati, medio April 1968.

Pandemi Covid-19, tak menyurutkan untuk berkarya, kendati Ian Antono akui, hari-hari untuk berkarya musik lebih banyak dihabiskan di rumah. Sehingga berujung membuatnya sakit dan berobat kesepuluh dokter.

“Bayangin kita biasa banyak aktivitas dari pagi sampai malam di luar rumah. Eh tiba-tiba berhenti total, ambyar. Nggak lama kemudian sakit. Tapi anehnya sepuluh dokter, seragam bilang kalau saya tidak sakit. Nah, bingungkan?” seloroh Ian, turut diaminin Titiek Saelan, sang istri tercinta.

Meski demikian, Ian menceritakan tak menyerah, malah menghasilkan album baru bertajuk “Mulai Hari Ini”.

Alhamdulilah bisa menghasilkan album baru, judulnya ‘Mulai Hari Ini’ dan telah rilis bulan Ramadhan kemarin,” pungkas Ian Antono bersemangat.

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.