Trenz Indonesia
News & Entertainment

Direktorat Jenderal Imigrasi Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Pegawai

160

JAKARTA, Trenzindonesia | Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, sedang berusaha meningkatkan kesejahteraan pegawai di lembaga tersebut. Hal ini diungkapkannya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI pada Rabu, 21 Juni 2023. Menurut Silmy, peningkatan kesejahteraan pegawai sangat penting karena dapat berdampak pada peningkatan kualitas layanan publik, di mana pegawai dapat bekerja dengan tenang.

Silmy menyatakan, “Peningkatan kesejahteraan pegawai ini penting karena jika kita membandingkannya dengan Kementerian Keuangan dalam hal pajak atau bea cukai, lalu dengan Kepolisian atau TNI, mereka memiliki tunjangan dan insentif yang cukup tinggi. Di Direktorat Jenderal Imigrasi, kami belum merasakan hal serupa.”

Usulan peningkatan kesejahteraan pegawai ini tidak muncul begitu saja. Silmy menceritakan bahwa dirinya telah melakukan kunjungan ke beberapa kantor Imigrasi yang berada di perbatasan darat. Dalam kunjungannya, Silmy melihat bahwa keadaan pegawai Imigrasi masih jauh dari layak, terutama karena banyak dari mereka yang belum memiliki rumah dinas.

Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Imigrasi berusaha untuk mendorong pengadaan rumah atau memberikan tunjangan sewa rumah bagi pegawai Imigrasi yang bertugas di perbatasan. Silmy menjelaskan, “Saya sedang mendorong pengadaan atau pembangunan rumah. Jika rumah dinas tidak dapat diberikan, setidaknya dapat diberikan tunjangan sewa rumah.”

Usulan peningkatan kesejahteraan pegawai ini juga didasari oleh capaian realisasi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) keimigrasian pada tahun 2022 dan 2023 yang melampaui target. Silmy menjelaskan bahwa pada tahun 2022, Imigrasi berhasil menyumbangkan Rp 4,6 triliun atau mencapai 231% dari target PNBP sebesar Rp 2 triliun. Hingga akhir Mei 2023, realisasi PNBP keimigrasian telah mencapai Rp 3,15 triliun atau mencapai 132,7% dari target. Silmy optimis bahwa hingga akhir tahun, PNBP keimigrasian dapat mencapai angka mendekati Rp 7 triliun.

Dengan pertimbangan tersebut, Silmy berharap bahwa upaya peningkatan kesejahteraan pegawai Imigrasi dapat memberikan rasa tenang dan merupakan bentuk apresiasi bagi jajaran pegawainya, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan publik yang semakin baik. (PR/Ian Rasya-Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.