Trenz Indonesia
News & Entertainment

Hari Lanjut Usia Nasional 2023: Meningkatkan Perhatian dan Pelayanan Terbaik untuk Lansia

182

JAKARTA, Trenzindonesia | Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh pada setiap tanggal 29 Mei, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta bekerja sama dengan RSU Pengayoman Cipinang serta seluruh Unit Pelaksana Teknis Lembaga Pemasyarakatan (UPT Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menyelenggarakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023 di Aula RSU Pengayoman Cipinang pada Kamis, 22 Juni.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023 mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” dan diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Hadir pula dalam acara tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih, Kepala Rumah Sakit Pengayoman Cipinang, dr. Ummu Salamah, Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali, serta seluruh Kepala UPT Lapas/Rutan di DKI Jakarta.

Ibnu Chuldun, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi para warga lanjut usia yang berada dalam pembinaan terkait kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga dijadikan sebagai contoh bagi Kantor Wilayah Kemenkumham lain di seluruh Indonesia dan memberikan data yang dapat digunakan dalam pembuatan program lansia di Lapas dan Rutan.

“Kami akan terus mendorong kegiatan seperti ini dan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi para lansia di seluruh Lapas dan Rutan, termasuk di Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi. Kami ingin menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh para lansia baik saat menjalani pidana, masa penahanan, maupun masa detensi di Rudenim Jakarta, serta saat para lansia melakukan pengurusan perijinan atau pendataan paspor,” ujar Ibnu Chuldun.

Lebih lanjut, Ibnu Chuldun menyampaikan harapannya dalam peringatan Hari Lansia Nasional Tahun 2023 ini. Dia berharap agar semua satuan kerja di wilayah DKI Jakarta dapat lebih peduli dan memberikan perhatian khusus kepada para lansia. Selain itu, akan dibuat satu program yang dapat memberikan dukungan penuh terhadap kebutuhan para lansia. Oleh karena itu, ia meminta Ketua Pernakes DKI Jakarta untuk membuat rekomendasi atau usulan agar program tersebut dapat didorong pada tahun 2024.

Dalam acara tersebut, hadir juga sejumlah warga binaan lansia. Jumlah warga binaan lansia di Lapas/Rutan Wilayah DKI Jakarta mencapai 259 orang, di mana 21 orang di antaranya hadir secara langsung sebagai perwakilan. Selain itu, terdapat tiga lansia warga binaan Rutan Cipinang serta lansia lainnya yang mengikuti kegiatan tersebut secara daring di Gazebo Rutan Cipinang, yang kemudian diikuti dengan tes kesehatan.

Dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2023 ini, diharapkan adanya komitmen dari semua satuan kerja di wilayah DKI Jakarta untuk memberikan perhatian dan pelayanan yang lebih baik kepada para lansia. Melalui program-program yang dirancang dengan baik, diharapkan kualitas hidup para lansia dapat terjaga, sehingga mereka dapat merasakan kehidupan yang bermartabat di usia senja mereka. (PR/Ian Rasya-Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.