News

Direktur Human Studies Institute : RUU Polri Gagal Perkuat Peran Pemda dalam Menjaga Ketertiban

Jakarta, Trenzindonedis.com |Rasminto, Direktur Eksekutif Human Studies Institute, menyampaikan kritik tajam terhadap Rancangan Undang-Undang Kepolisian (RUU Polri) yang sedang dibahas di DPR. Menurutnya, RUU ini belum menyentuh aspek-aspek substantif yang diperlukan untuk memperkuat peran Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Dalam keterangannya kepada media, Rasminto menyatakan, “RUU Polri seharusnya tidak hanya fokus pada kewenangan Polri, tetapi juga memberikan ruang yang cukup bagi peran Pemda. Pemda memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat lokal, yang sayangnya belum diakomodasi dengan baik dalam RUU ini,” ujarnya dalam sebuah diskusi publik di Jakarta, Senin (8/7).

Rasminto menekankan bahwa tanpa keterlibatan yang lebih kuat dari Pemda, upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat akan kurang efektif. Ia juga menyoroti pentingnya sinergi antara Polri dan Pemda dalam menangani berbagai permasalahan keamanan, seperti konflik sosial dan kriminalitas.

“Kita perlu mengadopsi pendekatan yang lebih holistik dan integratif, dimana Pemda dan Polri bekerja sama secara harmonis. Ini akan memberikan dampak yang lebih positif bagi masyarakat,” tambahnya.

RUU Polri yang sedang dibahas ini telah menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk akademisi, praktisi hukum, dan organisasi masyarakat sipil, yang semuanya mengharapkan adanya pembaharuan signifikan dalam regulasi kepolisian. Kritik dan masukan seperti yang disampaikan oleh Rasminto diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para legislator dalam menyempurnakan RUU tersebut.

Diskusi publik yang diselenggarakan oleh Human Studies Institute ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, yang turut memberikan pandangan mereka mengenai arah kebijakan keamanan di Indonesia.

 

Avatar

Ibnu

About Author

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

News

Wedari Hadirkan Keindahan Balijava Batik Kudus Koleksi Denny Wirawan

  • September 29, 2017
Rayakan dua dekade berkarya di industri fashion tanah air, Denny Wirawan Angkat khasanah kekayaan ragam motif langka Batik Kudus Lewat
News

Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 Fase III

  • September 30, 2017
Indonesia Digital Popular Brand Award, merupakan penghargaan terpercaya dan paling bergengsi bagi merek-merek di Indonesia yang berhasil menancapkan popularitas mereknya