Trenz Indonesia
News & Entertainment

FORWAN Indonesia Dukung Indonesian Heritage New York

Parade Indonesia Pertama AAPI Cultural and Heritage

996

JAKARTA, Trenzindonesia | Dalam rangka merayakan bulan Asian American Heritage (Warisan), untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia ikut berpartisipasi menjadi bagian dalam Parade Asian American and Pacific Islander (AAPI) Cultural and Heritage Parade pada tanggal 21 Mei mendatang di kota New York. Parade ini akan digelar di jalan 6th Avenue mulai dari 44th street sampai 55th street Manhattan, yang merupakan salah satu jalan utama di jantung kota New York dimana peserta parade akan berjalan melewati Radio City Hall menuju arah Central Park.

“Sebagi organisasi wartawan peliput hiburan, event Parade Indonesia pertama di New York ini merupakan sejarah dan memberikan kesempatan menunjukkan keragaman seni dan budaya Indonesia kepada dunia. Untuk itulah FORWAN Indonesia  hadir sebagai jendela berita kepada mata dunia. FORWAN Indonesia berterimakasih diminta mensupport acara ini.” Ujar Sutrisno Buyil, ketua umum FORWAN Indonesia kepada Trenzindonesia.com, Kamis (18/5/2023)

Parade tahunan AAPI Cultural and Heritage yang kedua ini diselenggarakan oleh komite AAPI Cultural and Heritage Parade, organisasi yang berada dibawah naungan kantor Walikota New York, dengan tujuan untuk merayakan keberagaman budaya dan tradisi bangsa Asia yang telah menjadi bagian dari komunitas multilateral dan multirasial kota New York. Sejumlah negara Asia seperti Korea, Jepang, India, Bangladesh, Tiongkok, Philippines, Vietnam dan tentunya lndonesia ikut ambil bagian untuk menunjukkan keragaman budaya, pakaian tradisional maupun tarian.

“Komunitas Indonesia adalah bagian dari komunitas Asia yang besar di kota ini. Kami sangat senang dan bersemangat menyambut hadirnya budaya Indonesia untuk pertama kali dalam parade ini “,kata Steven Tin, Direktur Eksekutif Better Chinatown USA dan AAPI Cultural and Heritage Parade dalam konferensi pers di ruang pertemuan Mulberry Street, Chinatown baru-baru ini.

Parade Indonesia akan menghadirkan keragaman budaya Indonesia dengan menampilkan berbagai pakaian khas tradisional dari Bali, Batak, Sumatera, Jawa Barat, Jakarta dan daerah lainnya, termasuk juga baju batik khas dan baju desain modern yang khusus dirancang untuk pawai ini dari fashion designer New York dan Indonesia.

“Tema Parade Indonesia ini adalah Indonesian Heritage, dimana kami ingin menunjukkan bahwa warisan budaya Indonesia sangat beragam dan indah”, kata Maya Naratama, Wakil Direktur Komite AAPI Cultural and Heritage Parade yang juga menjadi Produser parade Indonesia. Puluhan peserta dari diaspora Indonesia, mahasiswa, warga Amerika keturunan Indonesia hingga friends of Indonesia (warga Amerika sahabat Indonesia) sudah mendaftarkan diri untuk berpartisipasi.

Sejumlah selebgram, youtuber, penyanyi, model hingga influencer asal Indonesia di New York juga akan berpartisipasi mempromosikan Indonesia dalam parade ini. “Walau persiapan sangat singkat, hanya kurang dari satu bulan, namun dukungan dari teman-teman dan diaspora Indonesia luar biasa. Kita akan bersama-sama mempromosikan budaya Indonesia langsung di jantung kota New York, di Manhattan. Mohon doanya semoga semua lancar”, tambah Maya yang juga hadir dalam konferensi pers bersama perwakilan dari berbagai negara lain.

Parade Indonesian Heritage ini digelar oleh Acha Production New York bekerjasama dengan Delapan Benua dan Lumitive First dan didukung oleh Kantor Konsulat Republik Indonesia (KJRI) New York dan BNI New York.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi Indonesia, dan kami sangat bersemangat untuk bergabung menyemarakkan parade warisan budaya AAPI”, kata Winanto Adi, Konsul Jenderal di New York. Parade Asia ini akan dibuka oleh Walikota New York  Eric Adams dan dihadiri oleh Senator Chuck Schumer dan para perwakilan dari seluruh negara yang ikut dalam parade ini (FORWAN Indonesia / Fjr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.